Kamis 25 Feb 2021 08:29 WIB

ACT-Korps Marinir Sinergi Bantu Korban Banjir

Kolaborasi ini sinergi yang sudah terjalin sejak lama antara ACT dan Korps Marinir

Rep: zahrotul oktaviani/ Red: Hiru Muhammad
Berkolaborasi dengan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, ACT mendistribusikan bantuan kemanusiaan yang dihimpun dari masyarakat untuk korban banjir di Kabupaten Bekasi.
Foto: ACT
Berkolaborasi dengan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, ACT mendistribusikan bantuan kemanusiaan yang dihimpun dari masyarakat untuk korban banjir di Kabupaten Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sinergi kemanusiaan dalam Gerakan Sedekah Pangan Nasional (GSPN) semakin diluaskan Aksi Cepat Tanggap.

Kali ini, ACT berkolaborasi dengan Korps Marinir TNI Angkatan Laut mendistribusikan bantuan kemanusiaan yang dihimpun dari masyarakat untuk korban banjir di Kabupaten Bekasi. Seremoni serah terima bantuan dilakukan di Markas Komando Marinir TNI AL Jakarta Pusat, Rabu (24/2).

Presiden ACT, Ibnu Khajar, menjelaskan aksi ini merupakan wujud sinergi antarelemen bangsa. Melalui program GSPN ini, bantuan untuk korban banjir dapat ditunaikan dengan lebih cepat dan tepat sasaran. 

"Kolaborasi ini merupakan sinergi yang sudah terjalin sejak lama antara ACT dan Korps Marinir. Inisiatif ini kami lakukan dengan harapan bantuan-bantuan kemanusiaan dapat terdistribusi dengan lebih cepat dan baik," kata Ibnu dikutip di laman resmi ACT, Kamis (25/2).

Ibnu Khajar melanjutkan, ACT juga akan mengaktivasi Wakaf Distribution Center di 100 cabang di seluruh Indonesia. Upaya ini dilakukan karena bencana alam hampir merata terjadi di seluruh Indonesia.

Baca juga : Luhut: Vaksin Sinopharm Khusus untuk Vaksinasi Mandiri

Dengan Gerakan Sedekah Pangan Nasional ini, ia optimis masalah pangan untuk korban-korban bencana alam bisa diatasi. Selain mewujudkan bantuan untuk korban bencana alam, ia juga berharap gerakan ini dapat menciptakan ketahanan pangan dan kedaulatan bangsa.

Bantuan yang diserahkan ACT melalui Korps Marinir akan didistribusikan kepada korban banjir jebolnya tanggul Sungai Citarum di Kabupaten Bekasi. ACT menyiapkan enam ton Beras Wakaf dan dua ton natura, termasuk Air Minum Wakaf yang siap didistribusikan.Tersedia juga armada Humanity Food Truck yang akan memasak 500 porsi per hari, Ambulans Pre-hospital, Humanity Water Truck, kendaraan penyelamat (rescue), serta perahu karet lengkap dengan relawan penggerak yang disiagakan

"Semua armada kemanusiaan itu akan dikerahkan ke lokasi bencana banjir di Bekasi dan sekitarnya," ujar Ibnu. 

Dankormar Mayjen TNI Marinir Suhartono menyampaikan apresiasi kepada ACT yang telah mempercayakan distribusi bantuan untuk korban bencana kepada Korps Marinir. "Ini merupakan aksi nyata dalam membantu penanganan korban banjir," kata dia.

Mayjen Suhartono melanjutkan, pihaknya akan menerjunkan 150 personel untuk mendistribusikan bantuan ke korban terdampak bencana banjir di Kabupaten Bekasi. Dengan cara ini, penyaluran bantuan dapat dilakukan secara maksimal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement