Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Dakwah Terbuka Dimulai, ke Siapa Nabi Pertama Serukan Islam?

Kamis 25 Feb 2021 07:15 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Dakwah Terbuka Dimulai, ke Siapa Nabi Pertama Serukan Islam?

Dakwah Terbuka Dimulai, ke Siapa Nabi Pertama Serukan Islam?

Foto: Republika.co.id
Sebelumnya, dakwah dilakukan diam-diam untuk menghindari gangguan kaum Quraisy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada fase awal perjalanan Islam, Nabi Muhammad SAW melakukan dakwah secara diam-diam sebagai langkah taktis menghindari penyiksaan dan gangguan dari kaum kafir Quraisy. Setelah perintah dakwah secara terbuka diturunkan, kepada kalangan mana Nabi mulai menyerukan Islam?

Setelah sekian lama berdakwah secara tertutup dan rahasia, Allah memerintahkan Nabi memberi peringatan kepada keluarga besar beliau yang terdekat. Hal ini sebagaimana yang diabadikan dalam Alquran Surah As-Syuara ayat 214-216.

Allah SWT berfirman: “Wa andzir ‘asyirataka al-aqrabina. Wakhfidh janaahaka limanittaba’aka minal-mukminin. Fa in ashauka faqul inniy bari-un mimma ta’maluna,”. Yang artinya: “Peringatilah kerabat-kerabatmu yang terdekat, dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu dari orang-orang mukmin. Jika mereka (kaum musyrik) mendurhakaimu maka katakanlah: sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan,”.

Baca Juga

Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW menjelaskan, memenuhi perintah tersebut maka Nabi menyiapkan santap siang dengan mengundang sekitar 30-40 orang dari keluarga terdekat beliau. Antara lain Abu Thalib, Hamzah, Abbas, dan Abu Lahab.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA