Kamis 25 Feb 2021 06:33 WIB

Jokowi Lantik Gubernur Sumbar, Kepri, dan Bengkulu Hari Ini

Ketiganya merupakan pasangan pimpinan provinsi terpilih Pilkada serentak 2020

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah
Presiden RI, Joko Widodo
Foto: BPMI
Presiden RI, Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan melantik pasangan gubernur dan wakil gubernur (wagub) untuk Provinsi Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu Kamis (25/2) hari ini. Ketiganya merupakan pasangan pimpinan provinsi terpilih dalam pilkada serentak 2020 lalu. Pelantikan rencananya akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta. 

"Yang dilantik Sumbar (Sumatra Barat), Kepri (Kepulauan Riau), dan Bengkulu," ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi.

Baca Juga

Seperti diketahui, pasangan gubernur dan wagub Sumatra Barat terpilih adalah Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy. Kedua tokoh ini memimpin perolehan suara saat pilkada di Sumbar dengan perolehan 726.853 suara.

Kemudian, pasangan gubernur dan wagub Kepri terpilih adalah Ansar Ahmad-Marlin Agustina. Pasangan ini ditetapkan sebagai pemenang pilkada setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa hasil pilkada di provinsi tersebut. Keduanya mengantongi perolehan 308.553 suara. 

Sedangkan pasangan gubernur dan wagub Bengkulu terpilih adalah Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah. Pasangan ini juga ditetapkan sebagai pemenang pilkada Provinsi Bengkulu setelah MK menolak gugatan sengketa pilkada yang ada. Keduanya menang dengan 418.080 raihan suara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah melantik Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) dan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) terpilih hasil pilkada 2020.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement