Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Keajaiban-Keajaiban Jelang Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kamis 25 Feb 2021 05:59 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat sejumlah keajaiban saat Nabi Muhammad SAW lahir. Rasulullah SAW (ilustrasi)

Foto:
Terdapat sejumlah keajaiban saat Nabi Muhammad SAW lahir

Selain itu, pada saat Rasulullah lahir, dia dalam keadaan kepalanya mendongak ke atas dan pandangan matanya ke langit. Istana Kisra dari Raja Persia tergoncang saat itu, sampai 14 balkon istananya berguguran.

Di tempat lain, api yang disembah orang Majusi yang tidak pernah padam selama seribu tahun saat Rasulullah lahir menjadi padam. Kala itu, semua orang bersatu baik yang lemah maupun kuat berupaya untuk menghidupkan kembali api tersebut. Namun, usaha mereka gagal dan api tidak kembali hidup.

Tak hanya api orang Majusi, Danau Sawa di Irak juga menjadi kering ketika Rasulullah lahir. Tadinya, danau tersebut menjadi tempat persembahan dewa.

“Rasulullah terlahir dalam keadaan sudah bisa melihat langsung. Bayi kan biasanya lahir matanya tertutup. Karena dia akan menjadi rasul, Allah memberikan sejumlah keistimewaan. Dia lahir dalam keadaan sudah terkhitan, bersih, dan pusar sudah terpotong,” ujar dia.

Lebih lanjut, Gus Nur mengatakan Rasulullah lahir di kota Makkah yang aman dan Allah sudah bersumpah di Alquran atas nama Makkah. Allah berfirman dalam surat at-Tin ayat 3:

وَهٰذَا الْبَلَدِ الْاَمِيْنِۙ Wa hāżal-baladil-amīn. “dan demi negeri (Mekah) yang aman ini.”

Jauh sebelum itu, Nabi Ibrahim AS pernah berdoa yang diabadikan dalam Alqurat surat Ibrahim ayat 35 tentang kota Makkah.

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهِيْمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا الْبَلَدَ اٰمِنًا وَّاجْنُبْنِيْ وَبَنِيَّ اَنْ نَّعْبُدَ الْاَصْنَامَ ۗ

Wa iż qāla ibrāhīmu rabbij\'al hāżal-balada āminaw wajnubnī wa baniyya an na\'budal-aṣnām. “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini (Makkah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.”

 

Sumber: youtube  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA