Sambangi BPOM, Satgas Covid-19 DPR Pantau Pengujian Vaksin

Vaksin Merah Putih diharap bisa selesai diuji dan diedarkan pada November 2022. 

Rabu , 24 Feb 2021, 20:55 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito mengapresiasi kedatangan Satgas Covid-19 DPR ke kantor BPOM untuk menyerap informasi terkait proses-proses uji coba vaksin yang telah dilakukan BPOM. Menurutnya, kunjungan Satgas Covid-19 DPR kali ini merupakan bentuk dukungan untuk memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi BPOM dalam menjaga  aspek keamanan mutu dan khasiat dari vaksin yang digunakan dan diedarkan di Indonesia.

"Kami laporkan beberapa vaksin yang sedang dalam proses uji klinik dan yg sedang berproses mendapatkan emergency use authorization, sebagaimana diketahui sudah ada tiga vaksin yang mendapatkan izin emergency untuk penggunaan, vaksin coronavac, vaksin covid-19 dari  bio farma, dan vaksin Astra Zeneca," ungkapnya.

Penny menambahkan, dalam waktu dekat juga akan ada vaksin lain yang akan digunakan untuk vaksin mandiri. Dia menegaskan, BPOM siap untuk melakukan pendalaman.

 

"Kami siap untuk melakukan screening atau pendalaman dikaitkan khasiat, keamanan, dan mutunya dan menyiapkan data-data tersebut kepada Kementerian Kesehatan untuk memutuskan mana yang akan diizinkan untuk digunakan," ucapnya.