Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Ketika Kaum Quraisy Menyusun Konspirasi Lawan Nabi SAW

Kamis 25 Feb 2021 05:40 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ketika Kaum Quraisy Menyusun Konspirasi Lawan Nabi SAW. Rasulullah SAW (ilustrasi)

Foto:
Kaum Quraisy melakukan upaya menggagalkan dakwah Nabi Muhammad.

Orang-orang kafir Quraisy terus saja mencari cara bagaimana agar orang-orang tidak terpengaruh dengan dakwah Muhammad. Mereka coba mempersoalkan kenapa yang diutus manusia biasa seperti mereka, bukan malaikat. Allah SWT berfirman:

وَقَالُواْ مَالِ هَٰذَا ٱلرَّسُولِ يَأۡكُلُ ٱلطَّعَامَ وَيَمۡشِي فِي ٱلۡأَسۡوَاقِ لَوۡلَآ أُنزِلَ إِلَيۡهِ مَلَكٞ فَيَكُونَ مَعَهُۥ نَذِيرًا

“Dan mereka berkata: “Mengapa rasul itu memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar? Mengapa tidak diturunkan kepadanya seorang malaikat agar malaikat itu memberikan peringatan bersama-sama dengan dia?” (Q.S.Al-Furqan 25: 7)

Seharusnya, menurut mereka rasul yang diutus itu haruslah orang besar seperti raja-raja, punya pengawal dan pengiring, punya harta kekayaan yang melimpah. Bukan seseorang yang harus pergi ke pasar untuk mencari nafkah bagi kehidupannya. Allah SWT berfirman lanjutan ayat 7 di atas:

أَوۡ يُلۡقَىٰٓ إِلَيۡهِ كَنزٌ أَوۡ تَكُونُ لَهُۥ جَنَّةٞ يَأۡكُلُ مِنۡهَاۚ وَقَالَ ٱلظَّٰلِمُونَ إِن تَتَّبِعُونَ إِلَّا رَجُلٗا مَّسۡحُورًا

“Atau (mengapa tidak) diturunkan kepadanya perbendaharaan, atau (mengapa tidak) ada kebun baginya, yang dia dapat makan dari (hasil)nya?” Dan orang-orang yang zalim itu berkata: “Kamu sekalian tidak lain hanyalah mengikuti seorang lelaki yang kena sihir”. (Q.S.Al-Furqan 25: 8)

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA