Rabu 24 Feb 2021 18:43 WIB

Ghana Jadi Negara Afrika Pertama Terima Vaksin Covax

Sebanyak 600 ribu dosis vaksin Oxford-AstraZeneca telah tiba di Accra.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
  Tenaga kesehatan mempersiapkan vaksin Covid-19 buatan Oxford-AstraZeneca.
Foto: EPA/MONIRUL ALAM
Tenaga kesehatan mempersiapkan vaksin Covid-19 buatan Oxford-AstraZeneca.

REPUBLIKA.CO.ID, ACCRA -- Ghana menjadi negara Afrika pertama yang menerima vaksin Covid-19 dari program Covax. Sebanyak 600 ribu dosis vaksin Oxford-AstraZeneca telah tiba di ibu kota Accra pada Rabu (24/1) pagi waktu setempat.

"Kami senang Ghana menjadi negara pertama yang menerima vaksin Covid-19 dari fasilitas Covax," kata Perwakilan WHO untuk Ghana Dr. Francis Kasolo, dikutip laman Anadolu Agency.

Baca Juga

Menurut keterangan yang dirilis Pemerintah Ghana, vaksin AstraZeneca yang mereka terima diproduksi Serum Institute of India. "Ini adalah pengiriman pertama vaksin yang diperoleh melalui Fasilitas Akses Global (Covax) vaksin Covid-19 yang telah ditandatangani oleh Ghana, di antara 92 negara," katanya.

Menurut WHO, Ghana akan menerima pengiriman paket vaksin berikutnya dalam beberapa hari mendatang. Sejauh ini Ghana telah melaporkan 81.245 kasus Covid-19 dengan 584 kematian.

Selain WHO, Covax turut dipimpin oleh Vaccine Alliance (Gavi) dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi. Tujuannya adalah menjamin akses vaksin yang adil dan merata untuk setiap negara di dunia, terutama negara berpenghasilan rendah serta menengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement