Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Elektabilitas Prabowo Tertinggi, PDIP Fokus 'Katrol' Puan

Rabu 24 Feb 2021 18:34 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Agus Yulianto

Politisi PDIP Effendi Simbolon

Foto:
Survei itu akan berbeda jika PDIP menetapkan Puan sebagai Capres 2024.

Effendi menyebut, Puan punya prestasi yang patut dibanggakan. Salah satunya, lulusan UI dengan predikat memuaskan dan mendapat gelar doktor honoris causa. Dari segi pengalaman, Puan pernah menjabat menteri dan kini ketua DPR RI.

"Dalam Pileg kemarin, Mbak Puan sukses dengan perolehan suara terbanyak secara nasional. Jadi, persoalannya karena belum ada persiapan dan momentumnya saja," ujar Effendi.

Dia memberi sinyal bahwa peluang Puan dalam Pilpres 2024 tetap ada, walau saat ini elektabilitasnya rendah. "Nama-nama yang menempati urutan teratas dalam survei soal pilpres pastinya memiliki niat mencalonkan diri menjadi presiden," ucap anggota Komisi I DPR tersebut. 

Sebelumnya, survei LSI yang diumumkan pada Senin (22/2) menempatkan Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto di urutan tertinggi sebagai calon presiden dengan elektabilitas 22,5 persen.

 

Prabowo kandidat lainnya, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (10,6 persen), Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan (10,2 persen), Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (7,2 persen), dan Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno (6,9 persen). Adapun Puan, hanya meraup suara 0,1 persen atau duduk di peringkat ke-22 dalam survei LSI. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA