Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Pemprov DKI Siapkan GOR Tempat Pengungsian Korban Banjir

Kamis 25 Feb 2021 06:55 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Hiru Muhammad

 Warga korban banjir Cipinang Melayu beraktifitas di lokasi pengungsian di Masjid Univesitas Borobudur, Jakarta, Rabu (22/2).

Warga korban banjir Cipinang Melayu beraktifitas di lokasi pengungsian di Masjid Univesitas Borobudur, Jakarta, Rabu (22/2).

Foto: Republika/Prayogi
Pemda agar waspadai munculnya klaster baru dan lonjakan kasus Covid-19 akibat banjir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan sejumlah gedung gelanggang olahraga (GOR) di Ibu Kota sebagai lokasi pengungsian bagi warga yang terdampak saat banjir terjadi. Seluruh GOR yang disediakan itu tersebar di lima kota administrasi Jakarta.

"Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta ikut berpartisipasi dalam penanganan banjir yang melanda Provinsi DKI Jakarta dengan mempersiapkan fasilitas-fasilitas yang bisa dipergunakan sebagai lokasi pengungsian bagi masyarakat yang terdampak oleh banjir," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam unggahannya di Instagram seperti dikutip Republika, Rabu (24/2).

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mendorong pemerintah untuk mewaspadai munculnya klaster baru dan lonjakan kasus Covid-19 akibat banjir di Ibu Kota. Sebab, menurut dia, kerumunan masyarakat saat banjir, terutama di lokasi pengungsian yang berpotensi menimbulkan klaster baru penyebaran virus corona.

"Masyarakat yang mengungsi atau berkerumun sulit dihindari. Akan tetapi harus diwaspai terjadinya klaster baru dan peningkatan kasus," kata Gilbert.

Selain terjadinya kerumunan warga, Gilbert juga menyebut, masyarakat yang terdampak banjir cenderung tidak menggunakan masker. "Sepanjang pengamatan, umumnya masyarakat yang terkena banjir tidak menggunakan masker, mungkin karena basah, stok tidak ada terkena banjir, tidak terpikir lagi dan kemungkinan lain," ujarnya. 

Politikus PDIP itu pun menilai, perlu dilakukan pemantauan secara serius dalam penerapan protokol kesehatan serta pemberian masker tambahan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir. Selain itu, sambung Gilbert, para korban banjir juga diharapkan mendapat prioritas penerima vaksin covid-19.

"Dilakukan pengawasan agar tertib mengikuti prokes (protokol kesehatan) dan diberi prioritas vaksinasi sesuai kondisi mendesak karena banjir ini," ucapnya.

Di sisi lain, Gilbert menambahkan, masyarakat yang menjadi korban banjir juga diminta untuk melakukan langkah antisipasi penularan dengan tetap disiplin menerapkan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak."Prosedur 3T tidak menjadi pilihan utama, tetapi langsung ke 3M karena lebih menyelesaikan masalah," imbuhnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta sebelumnya mencatat ada lima orang warga yang meninggal dunia akibat banjir yang melanda ibu kota pada Sabtu (20/2). Para korban jiwa itu terdiri dari satu orang lansia dan empat orang anak-anak.

Berikut daftar GOR yang disiapkan sebagai lokasi pengungsian korban banjir:

Jakarta Barat

- GOR Kota Administrasi Jakarta Barat

- GOR Kecamatan Cengkareng

- GOR Kecamatan Kebon Jeruk

- GOR Kecamatan Tambora

- GOR Kecamatan Kalideres

- GOR Kecamatan Palmerah

- GOR Cendrawasih

 

Jakarta Selatan

- GOR Kota Administrasi Jakarta Selatan

- GOR Kecamatan Pancoran

- GOR Kecamatan Kebayoran Lama

- GOR Kecamatan Kebayoran Baru

- GOR Kecamatan Mampang Prapatan

- GOR Kecamatan Cilandak

- GOR Kecamatan Pesanggrahan

- GOR Kecamatan Jagakarsa

- GOR Kecamatan Tebet

 

Jakarta Pusat

- GOR Kota Administrasi Jakarta Pusat

- GOR Kecamatan Sawah Besar

- GOR Kecamatan Johar Baru

- GOR Kecamatan Kemayoran

- GOR Kecamatan Tanah Abang

- GOR Kecamatan Cempaka Putih

- Auditorium Kebon Jahe

 

Jakarta Utara

- GOR Kota Administrasi Jakarta Utara

- GOR Kecamatan Pademangan

- GOR Kecamatan Kelapa Gading

- GOR Kecamatan Koja

- GOR Kecamatan Tanjung Priok

- GOR Kamal

- Gedung Judo

- Stadion Tugu

 

Jakarta Timur

- GOR Kota Administrasi Jakarta Timur

- GOR Kecamatan Makassar

- GOR Kecamatan Jatinegara

- Gedung KNPI Rawamangun

- Wisma Atlet Raden Inten

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA