Rabu 24 Feb 2021 17:36 WIB

Menlu Myanmar, Thailand, dan Indonesia Dilaporkan Bertemu

Sebelumnya Menlu Indonesia membatalkan kunjungan ke Myanmar

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Menlu Retno Marsudi.
Foto: Dok. Kemenlu
Menlu Retno Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Menteri Luar Negeri Myanmar (Menlu) dari militer, Wunna Maung Lwin melakukan kunjungan ke Bangkok, Thailand pada Rabu (24/2). Kunjungan menteri luar negeri dilakukan saat Indonesia mendorong pertemuan khusus para menlu dari 10 negara ASEAN untuk membahas situasi Myanmar.

Seperti dilansir laman Bangkok Post, Menlu Thailand Don Pramudwinai diperkirakan mengadakan pembicaraan tiga arah dengan Wunna Maung Lwin dan Menlu RI Retno Marsudi. Sumber pemerintahan yang tidak ingin mengidentifikasikan dirinya mengatakan, ketiga Menlu telah berada di Thailand. "Para menteri Thailand dan Myanmar telah bertemu," kata sumber tersebut.

Baca Juga

Wunna Maung Lwin diangkat oleh militer untuk menggantikan Aung San Suu Kyi sebagai menteri luar negeri. Suu Kyi, yang melipatgandakan kapasitasnya saat menjadi pemimpin de facto Myanmar, tetap ditahan setelah kudeta.

Penggulingan pemerintah terpilih telah memicu demonstrasi setiap hari di seluruh negara Asia Tenggara itu. Pengunjuk rasa menuntut agar Suu Kyi dan tokoh politik lain yang ditahan dibebaskan. Pemogokan umum pada Senin (22/2) menutup banyak bisnis.

Baca juga : Danrem: Pemasok Senpi dan Amunisi ke KKB Ditangkap di Nabire

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement