Rabu 24 Feb 2021 17:11 WIB

AS-Kanada Sepakat Capai Nol Persen Emisi pada 2050

Kanada akan "bekerja sama dalam penyelarasan kebijakan" emisi nol persen dengan AS

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Emisi Karbon
Foto: Republika.co.id
Emisi Karbon

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sepakat untuk bekerja sama mencapai emisi nol persen pada 2050. Hal itu diungkapkan oleh kedua pemimpin negara dalam pertemuan bilateral yang digelar secara virtual.

"Kami meluncurkan keputusan di tingkat tinggi, ambisi iklim untuk menyelaraskan kebijakan dan tujuan kami mencapai nol emisi bersih pada 2050," ujar Biden.

Baca Juga

Langkah konkret untuk mencapai tujuan nol persen emisi akan dibicarakan oleh Utusan Khusus Perubahan Iklim AS John Kerry dan Menteri Lingkungan Kanada Jonathan Wilkinson. Kesepakatan ini terjadi setelah Biden mencabut izin kunci untuk pipa Keystone XL, yang akan mengangkut 830 ribu barel minyak mentah berat padat karbon per hari dari Alberta Kanada ke Nebraska. Ini adalah perintah eksekutif yang dibuat oleh Biden sebagai upaya untuk mengekang perubahan iklim. 

Seorang pejabat AS mengatakan, Kanada akan "bekerja sama dalam penyelarasan kebijakan" dan akan mengumumkan target pengurangan emisi baru di bawah perjanjian iklim Paris untuk tahun 2030. kebijakan penyelarasan "kepentingan bersama" akan mencakup pengurangan metana dalam operasi minyak dan gas, transportasi dan kendaraan serta ketahanan terhadap perubahan iklim.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement