Tanggul Sungai Citarum Jebol, 13 Rumah di Bekasi Rusak

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Anak-anak duduk di dalam bak saat banjir di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin, 22 Februari 2021, akibat tanggul Sungai Citarum jebol.
Anak-anak duduk di dalam bak saat banjir di Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin, 22 Februari 2021, akibat tanggul Sungai Citarum jebol. | Foto: AP/Achmad Ibrahim

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat mencatat sedikitnya ada 13 rumah warga rusak diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"13 rumah yang terdampak ini baru hasil pendataanawal, hasil sementara hingga Rabu siang ini," kata Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja di Cikarang, Rabu (24/2). Eka mengatakan, belasan rumah warga itu mengalami kerusakan sedang, parah, hingga roboh sehingga tidak bisa ditempati kembali. Bahkan. lima rumah diketahui telah hanyut terbawa arus banjir.

Pemkab Bekasi telah memulai pendataan rumah warga terdampak banjir khususnya di lokasi yang kondisi airnya sudah mulai surut. "Pendataan masih berlangsung, data dipastikan akan bertambah besok sesuai hasil observasi di lapangan. 13 rumah yang tergerus banjir hingga roboh itu tberada di Kecamatan Pebayuran tepatnya di sekitar lokasi tanggul jebol," kata Eka.

Pemkab Bekasi telah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan rumah warga terdampak banjir hanya saja teknis pemberian bantuannya nanti akan diberikan melalui kepala desa sesuai kategori kerusakan rumah. "Kami pastikan pemerintah hadir dengan memberikan bantuan kepada korban banjir," kata Eka.

Selain itu, menurut Eka, Pemkab Bekasi juga sudah melakukan pemetaan guna penanganan dampak banjir dengan memperbaiki daerah aliran sungai seperti perbaikan pintu air bendung, tanggul, normalisasi sungai, hingga infrastruktur yang rusak akibat banjir.

"Kita juga terus koordinasikan dengan Jawa Barat maupun pemerintah pusat terkait penanganan tanggul jebol akibat banjir, terutama tanggul jebol di Sungai Citarum," kata Eka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Jokowi Minta Perbaikan Tanggul Citarum Jebol Segera Selesai

Kapolda Metro Beberkan Empat Cara Evakuasi Korban Banjir

Pemkab Bekasi Tutup Tempat Ibadah di RW Zona Merah

Pemkab Bekasi Sediakan Hotel Ibis untuk OTG Terdampak Banjir

Pelanggaran Hukum di Citarum Capai 200 Kasus

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image