Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Batas Aurat Wajah Perempuan

Rabu 24 Feb 2021 12:45 WIB

Red: Ani Nursalikah

Batas Aurat Wajah Perempuan.

Batas Aurat Wajah Perempuan.

Foto: Republika/Prayogi
Aurat perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Pertanyaan:

Baca Juga

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Tolong dijelaskan apakah di bawah bagian dagu wanita yang biasa kelihatan ketika memakai jilbab termasuk aurat? Syukran atas jawabannya.

Julianti (Disidangkan pada Jumat, 29 Jumadilawal 1441 H / 24 Januari 2020 M)

Jawaban:

Wa‘alaikumus-salam wr. wb.

Terima kasih atas pertanyaan Saudari, mudah-mudahan jawaban kami ini bisa memberi tambahan ilmu yang bermanfaat. Sebelum menjawab pertanyaan saudari, kami uraikan terlebih dahulu tentang pengertian aurat.

‘Aurah, sebagaimana dikutip dari kamus Lisaan al-‘Arab karya Ibnu Mandzur pada Juz 1/3166, menurut bahasa adalah setiap aib dan cacat cela pada sesuatu dan sesuatu itu tidak memiliki penjaga (penahan). Sedangkan menurut istilah adalah sesuatu bagian tubuh yang menjadikan seseorang malu.

Aurat laki-laki, yaitu dari bagian bawah pusar sampai lutut. Untuk perempuan, aurat mereka adalah seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan (lihat Mu‘jam al-Musthalahat wa al-Alfazh al-Fiqhiyyah karya Mahmud ‘Abdurrahman ‘Abdul Mun‘im, Darul Kutub al-Ilmiyah, Beirut, 2010).

Dari pengertian di atas diketahui aurat laki-laki adalah bagian tubuh dari bawah pusar sampai lutut. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi SAW.

عَنْ أَبِي مُوسَى، بِنَحْوِهِ وَزَادَ فِيهِ عَاصِمٌ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ قَاعِدًا فِي مَكَانٍ فِيهِ مَاءٌ، قَدِ انْكَشَفَ عَنْ رُكْبَتَيْهِ أَوْ رُكْبَتِهِ، فَلَمَّا دَخَلَ عُثْمَانُ غَطَّاهَا [رواه البخاري].

Dari Abi Musa, dengan semisalnya ‘Ashim menambahkan (diriwayatkan), sesungguhnya Nabi SAW itu pernah duduk di suatu tempat berair, kedua lutut atau satu lutut beliau tersingkap, lalu ketika tiba-tiba Usman masuk, beliau langsung menutup lututnya [HR. al- Bukhari].

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA