Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Jenis Vitamin dan Nutrisi Ini Cegah Berkembangnya Covid-19

Rabu 24 Feb 2021 11:48 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Vitamin/ilustrasi. Penelitian awal buktikan vitamin C, B3, D dan zinc bantu pemulihan pasien Covid-19

Vitamin/ilustrasi. Penelitian awal buktikan vitamin C, B3, D dan zinc bantu pemulihan pasien Covid-19

Foto: flickr
Penelitian awal buktikan vitamin C, B3, D dan zinc bantu pemulihan pasien Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Virus Covid-19 masih tersebar di seluruh dunia. Setiap hari pun kasus Covid-19 semakin meningkat. Untuk mencegah masuknya virus tersebut ke dalam tubuh, sebuah penelitian menyarankan agar masyarakat mengkonsumsi suplemen nutrisi.

Dilansir dari newsmedical.net pada (23/2), kelompok lanjut usia banyak yang lemah daya tahan tubuhnya serta kekurangan nutrisi kalsium, vitamin C, vitamin D, folat dan zinc. Kekurangan vitamin B3 juga bisa menjadi kunci penurunan kekebalan, karena ini adalah prekursor nicotinamide adenine dinucleotide (NAD), mediator metabolik fundamental.

Oleh karena itu, beberapa peneliti telah mengeksplorasi kemungkinan keuntungan penggunaan suplemen nutrisi, terutama vitamin C, vitamin D, zinc dan vitamin B3 sebagai bagian dari pencegahan virus Covid-19. 

Infeksi virus Covid-19 menyebabkan kerusakan sel dan kematian melalui berbagai mekanisme, membajak jalur metabolisme energi sel, menekan sintesis seluler dari biomolekul, bersaing untuk ribosom dan bersaing untuk faktor transkripsi. Saat sel mendeteksi proses ini, ia bereaksi dengan respons imun bawaan yang pada akhirnya mengarah pada kekebalan adaptif yang lebih kuat dan spesifik.

"Vitamin B3, C dan D dan zinc telah terbukti berdampak pada respons imun bawaan awal dan memodulasi proses hilir selanjutnya yang terkait dengan infeksi virus Covid-19," kata dokter OB-GYN dari Universitas Calicut, India Liji Thomas. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA