Selasa 23 Feb 2021 22:36 WIB

Pertamina Jalin Kemitraan ke Pesantren Kembangkan Pertashop

Kemitraan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Pertamina Jalin Kemitraan ke Pesantren Kembangkan Pertashop (ilustrasi).
Foto: Pertamina
Pertamina Jalin Kemitraan ke Pesantren Kembangkan Pertashop (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,PAMEKASAN -- PT Pertamina menjalin kemitraan dengan kalangan pondok pesantren di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, dalam mengembangkan usaha penjualan bahan bakar minyak (BBM) resmi melalui kemitraan bisnis Pertashop.

"Selain untuk mendukung usaha kalangan pondok pesantren, kemitraan ini juga dimaksudkan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar menggunakan bahan bakar minyak yang ramah lingkungan," kata Sales Majaner Area Wilayah Surabaya Raya dan Madura Addieb Arselan dalam keterangan tertulis kepada media di Pamekasan, Selasa (23/2).

Melalui kemitraan dengan pondok pesantren, diharapkan usaha rencana bisnis perusahaan milik negara ini yang hendak menyebarluaskan outlet Pertashop ke desa-desa segera terealisasi. Di samping itu, masyarakat akan lebih mudah membeli BBM, karena pesantren kebanyakan berada di desa.

Pertimbangan lain, karena Pemkab Pamekasan juga mendukung program tersebut, sehingga dari sisi modal sosial akan lebih kuat dan mudah diterima oleh masyarakat. "Ini juga bentuk dukungan Pemkab Pamekasan pada Pertamina dalam melestarikan lingkungan sehat, demi terciptanya ekosistem yang baik," katanya, menjelaskan.

Melalui kerja sama segitiga antara Pertamina, Pemkab Pamekasan dan lembaga pesantren, pihaknya yakin, usaha mengembangkan bisnis perusahaan negara itu, akan lebih baik, terarah dan terukur. Untuk tahap awal, kata Addieb, Pertamina akan menyediakan sebanyak empat buah outlet Pertashop, dan untuk selanjutkan akan memperhatikan perkembangan lebih lanjut.Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, selain memang untuk mendukung usaha lembaga pendidikan di sejumlah pesantren, kemitraan dengan Pertamina dalam hal penyediaan SPBU mini Pertashop itu juga dalam rangka memudahkan masyarakat mendapatkan bahan bakar minyak (BBM).

"Kami tentu senang sekali apabila di beberapa pesantren di Pamekasan ini ada Pertashop," ujar bupati.Pertashop merupakan SPBU mini yang resmi bekerja sama dengan Pertamina, dan bisa menjadi usaha aktenatif bagi masyarakat yang memiliki modal terbatas untuk membuka SPBU. Harga yang dijual Pertashop juga sama dengan BBM yang dijual di SPBU Pertamina. Pasokan BBM juga rutin dipasok dari truk-truk tangki Pertamina.

Pertashop juga merupakan lembaga penyalur Pertamina skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non-subsidi, LPG non-subsidi dan produk Pertamina ritel lainnya yang belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement