Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Berapa Lama Maryam Mengandung Nabi Isa?

Selasa 23 Feb 2021 19:13 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat sejumlah riwayat tentang waktu Maryam mengandung Isa. Ilustrasi Kisah Nabi Isa.

Terdapat sejumlah riwayat tentang waktu Maryam mengandung Isa. Ilustrasi Kisah Nabi Isa.

Foto: wikipedia
Terdapat sejumlah riwayat tentang waktu Maryam mengandung Isa

REPUBLIKA.CO.ID, Alquran dan keterangan para ulama menyebutkan bahwa Maryam keluar dari Baitul Maqdis ketika haid atau ada keperluan. Suatu hari, saat Maryam mengasingkan diri dari keluarganya ke sebelah timur, seorang laki-laki mendatanginya, yang merupakan Jibril dalam bentuk manusia. Maryam berkata: 

قَالَتْ إِنِّي أَعُوذُ بِالرَّحْمَٰنِ مِنْكَ إِنْ كُنْتَ تَقِيًّا “Sesungguhnya aku berlindung dari padamu kepada Rabb Yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa’.” (QS Maryam: 18)

Jibril menjawab bahwa dia bukan lelaki seperti yang Maryam kira. Dia juga mengatakan maksud kedatangannya sebagai utusan Allah SWT:

Baca Juga

قَالَ إِنَّمَا أَنَا رَسُولُ رَبِّكِ لِأَهَبَ لَكِ غُلَامًا زَكِيًّا “Ia (jibril) berkata: ‘Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Rabbmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci’.” (QS Maryam: 19)

قَالَتْ أَنَّىٰ يَكُونُ لِي غُلَامٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِي بَشَرٌ وَلَمْ أَكُ بَغِيًّا “Maryam berkata: ‘Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!’” (QS  Maryam: 20).

قَالَ كَذَٰلِكِ قَالَ رَبُّكِ هُوَ عَلَيَّ هَيِّنٌ ۖ وَلِنَجْعَلَهُ آيَةً لِلنَّاسِ وَرَحْمَةً مِنَّا ۚ وَكَانَ أَمْرًا مَقْضِيًّا “Jibril berkata: ‘Demikianlah’. Rabbmu berfirman: ‘Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan.’” (QS Maryam: 21)

Ibnu Katsir RA mengatakan, “Allah SWT menciptakan nenek moyang mereka, yaitu Adam tanpa ayah dan ibu. Allah menciptakan Hawa dari laki-laki tanpa wanita. Lalu Allah menciptakan seluruh keturunannya dari laki-laki dan wanita, kecuali ‘Isa AS yang diciptakan dari wanita tanpa laki-laki. Dengan demikian, lengkaplah empat cara adanya keturunan yang menunjukkan kesempurnaan kuasa Allah dan keagungan kewenangan Allah. Tidak ada ilah (yang berhak diibadahi) selain Allah dan tidak ada Rabb selain-Nya.” (Lihat Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim).

Saat itu, Jibril meniupkan ruh di lengan bajunya, yang kemudian ruh itu turun hingga mengalir ke farji, sehingga ia mengandung anak dengan izin Allah SWT. Tidak ada keterangan eksplisit yang menerangkan waktu lamanya kehamilan Maryam.

Menurut pendapat yang masyhur dari jumhur (mayoritas) ulama, Maryam itu hamil sembilan bulan seperti umumnya wanita lain. Adapula yang mengatakan bahwa setahun, delapan bulan bahkan tiga hari. Namun para peneliti dari kalangan ulama sepakat memperkirakannya selama sembilan bulan, merujuk pada prinsip dasar kehamilan.

Alkitab menyebutkan bahwa Maryam melahirkan putranya, 'Isa, di Betlehem saat masa kekuasaan Kaisar Romawi Augustus dan Palestina dipimpin Raja Herodes Agung, penguasa bawahan Romawi. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA