Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Universitas Turin Larang Simbol Agama Saat Kelas Daring

Selasa 23 Feb 2021 16:25 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah

Universitas Turin Larang Simbol Agama Saat Kelas Daring. Ilustrasi

Universitas Turin Larang Simbol Agama Saat Kelas Daring. Ilustrasi

Foto: EPA/MANUEL BRUQUE
Aturan tersebut ditentang mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- University of Turin mengindikasikan keinginannya untuk menyesuaikan regulasi kampus di waktu pandemi. Selain peraturan yang dimaksudkan untuk mempersulit kecurangan selama kelas daring, peraturan baru tersebut juga mencakup larangan menunjukkan simbol agama dan politik di rumah mahasiswa.

Karenanya, jika saat kelas daring di rumah siswa tersebut terdapat simbol agama, universitas akan segera meminta menyingkirkannya. Simbol agama yang dimaksud juga termasuk salib. Katolik merupakan mayoritas agama di negara tersebut.

Mengutip RMX, Selasa (23/2), peraturan universitas itu memicu protes dari banyak mahasiswa. Bahkan organisasi sayap kiri, Studenti Indipendenti telah menyatakan penentangannya karena merupakan serangan terhadap simbol-simbol paling sakral dari tradisi agama.

Baca Juga

Potensi larangan memamerkan simbol politik di universitas, juga berasal dari garis pemikiran yang sama. Universitas tidak ingin bergejolak dengan alasan bisa menimbulkan masalah.

Jadi, larangan simbol tersebut juga berlaku. Meski, hal itu tidak akan menyulitkan siswa yang beroperasi secara politik di waktu senggang.

https://rmx.news/article/commentary/italian-university-wants-to-ban-religious-symbols-from-students-homes

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA