Selasa 23 Feb 2021 17:53 WIB

Anggaran untuk Korban Meninggal Akibat Covid-19 tak Lagi Ada

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19, masih mengecek kabar tersebut.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Agus Yulianto
Petugas pemakaman membawa peti jenazah korban Covid-19 di TPU Srengseng Sawah Dua, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Petugas pemakaman membawa peti jenazah korban Covid-19 di TPU Srengseng Sawah Dua, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggaran untuk korban meninggal dunia akibat Covid-19, tidak lagi tersedia. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pun angkat bicara mengenai masalah ini. Satgas mengatakan, pemerintah hati-hati saat menganggarkan seluruh program.

"Pemerintah pastinya menganggarkan segala program nasional dengan teliti dan sesuai tingkat prioritas yang ada," kata  Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat dihubungi Republika, Selasa (23/2).

Kendati demikian, dia tidak mau berkomentar banyak. Menurutnya, keterangan rinci mengenai alasan penganggaran ini dapat dikonfirmasi langsung kepada pihak Kementerian Sosial (Kemensos). 

Terpisah, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19, Hery Trianto mengaku, masih mengecek kabar tersebut.

Sebelumnya, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial Sunarti mengatakan, tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 bagi ahli waris pada Kementerian Sosial pada tahun anggaran 2021.

"Terkait dengan rekomendasi dan usulan yang disampaikan oleh dinas sosial provinsi/kabupaten/kota sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti," kata Sunarti dalam surat edaran kepada kepala dinas sosial provinsi seluruh Indonesia tertanggal 18 Februari 2021 yang media terima di Jakarta, Senin (22/2).

Dalam surat tersebut, Sunarti menyebut, Surat Edaran Plt. Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Nomor:427/3.2/BS.01.02/06/2020 tanggal 18 Juni 2020. Surat edaran ini menyatakan, tidak ada anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 pada Kementerian Sosial. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement