Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

NASA Bagikan Rekaman dan Foto dari Mars oleh Perseverance

Selasa 23 Feb 2021 15:58 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Perseverance mendarat di Mars.

Perseverance mendarat di Mars.

Foto: nasa
Mikrofon tidak menangkap audio selama proses penurunan menuju Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah membagikan suara yang diambil dari momen awal robot Perseverance di Mars. Foto dan audio telah diunduh dari planet merah selama akhir pekan. Ini merupakan data pertama dari kumpulan informasi saat Perseverance mulai mendarat.

NASA telah membagikan rekaman yang ditangkap oleh sejumlah kamera off-the-shelf. Perseverance memiliki beberapa peralatan fotografi yang canggih. Kamera navigasinya atau Navcams telah digunakan untuk menggabungkan enam gambar dalam panorama Kawah Jezero tempat ia mendarat.

Meski Mastcam-Z masih menjalani proses pengujian, nantinya sepasang kameranya akan menambahkan zoom ke hasil rekamannya. Kamera Enhanced Engineering yang berukuran 20 megapiksel memiliki kualitas lebih tinggi daripada sensor yang dipasang oleh penjelajah Mars terakhir, Curiosity.

 



Rekaman audio yang direkam oleh Perseverance di permukaan Mars juga tak kalah memukau. Hasil rekaman audio berasal dari dua mikrofon yang diintegrasikan ke dalam sistem pencitraan MastCam-Z. Kedua mikrofon itu pun dipasang sebagai bagian dari paket kamera Entry, Descent, dan Landing.

Dilansir Slash Gear, Selasa (23/2), tim Jet Propulsion Lab (JPL) sudah bekerja untuk menambahkan mikrofon ke sistem EDL dengan tujuan perekaman suara dapat membantu orang-orang tunanetra mendapat pemahaman tentang kondisi di Mars. Sayangnya, mikrofon tidak menangkap audio selama proses penurunan.

Namun, ini semua hanyalah informasi awal dari misi Mars 2020. NASA sudah mengunggah foto mentah dari berbagai kamera ke galerinya, mulai pemandangan dari sistem EDL sampai foto close-up tanah Mars dan bebatuan tempat Perseverance berada. Selanjutnya akan dilakukan instrumen pengujian dan uji “goyangan” roda guna memastikan semua bagian robot bekerja dengan baik.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA