Selasa 23 Feb 2021 13:42 WIB

KA dari dan ke Jakarta Sudah Bisa Melintas

Kereta dari Stasiun Gambir dan Stasiun pasar Senen kembali beroperasi.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Ratna Puspita
Foto udara proses perbaikan rel Kereta API di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Foto: ANTARA / Fakhri Hermansyah
Foto udara proses perbaikan rel Kereta API di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Jalur hilir KA antara Stasiun Kedunggedeh-Stasiun Lemahabang, Kabupaten Bekasi, sudah dapat dilewati oleh semua kereta api. Sebelumnya, jalur tersebut terdampak oleh banjir. 

"Dengan beroperasinya jalur tersebut, seluruh kereta api di Daop 1 Jakarta, khususnya dari dan menuju Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, Selasa (23/2).

Baca Juga

KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29. Namun, demi pertimbangan keselamatan, kecepatan KA yang melintasi jalur tersebut masih dibatasi, yakni maksimal 10 km/jam dan secara bertahap akan semakin ditingkatkan.

Joni mengatakan, petugas KAI telah melakukan berbagai langkah dan upaya bekerja secara terus menerus 24 jam untuk normalisasi, menguatkan pondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat serta melakukan penambahan jumlah personil di lokasi. “Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Daop 1 Jakarta," ujar Joni.

 

KAI akan terus melakukan peningkatan kemampuan pada jalur double track tersebut sehingga lintas tersebut dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk ikut memastikan progres pengerjaannya.

"KAI juga mengucapkan terima kasih  yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak di antaranya Kementerian Perhubungan, pemerintah daerah setempat  yang telah memberikan dukungan dan  membantu jalannya proses perbaikan jalur KA ini," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement