Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Sains Sebut Makanan Populer Ini Bisa Buat Perut Buncit

Selasa 23 Feb 2021 11:20 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Deretan makanan populer tidak selalu memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Deretan makanan populer tidak selalu memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Foto: Pixabay
Deretan makanan populer tidak selalu memiliki manfaat baik untuk tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deretan makanan populer tidak selalu memiliki manfaat baik untuk tubuh. Sebagian justru bisa memicu kenaikan berat badan secara instan dan menimbun lemak di perut apabila dikonsumsi berlebihan.

Meski rasanya lezat, makanan dan minuman berikut sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi. Ada 14 makanan serta minuman yang terbukti memberikan efek perut buncit menurut sains, dikutip dari laman Eat This, Selasa (23/2).

1. Roti Putih
Jika Anda suka makan roti tapi enggan punya perut buncit, sebaiknya tidak menyantap roti putih terlalu sering. Pasalnya, jenis roti itu dibuat dengan refined grain atau biji-bijian olahan yang menyebabkan lebih banyak lemak.

2. Soda Diet
Studi di Journal of American Geriatrics Society menemukan peminum soda diet memiliki persentase lemak perut yang lebih tinggi. Alasannya, mereka berpikir sudah menghemat kalori, sehingga malah makan berlebihan.

3. Jus Buah Kemasan
Jus buah kemasan terkesan sehat karena dianggap identik dengan asupan alami. Padahal, rata-rata jus kemasan memuat 36 gram gula. Minuman itu juga mengandung fruktosa, yang dikaitkan dengan perkembangan jaringan lemak perut.

4. Rib-Eye Steak
Para ilmuwan menyoroti potongan daging rib-eye, T-bone, serta New York Strip yang diolah jadi steak adalah bagian paling berlemak. Mengonsumsi bagian itu lebih berpotensi menyebabkan perut membesar.

5. Cokelat
Tidak semua cokelat buruk, tetapi berlebihan menyantap cokelat batangan dengan tambahan susu dan gula kerap dikaitkan dengan penambahan berat badan. Hal itu juga terungkap lewat studi di American Journal of Clinical Nutrition.

6. Sup Kalengan
Sebisa mungkin, buat sup sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang ada daripada memilih sup kalengan. Menyantap sup kalengan terus-menerus bisa mengakibatkan perut kembung dan membuat respons rasa kenyang terganggu.

7. Keripik Kentang
Para peneliti Harvard percaya keripik kentang adalah musuh utama bagi mereka yang tidak mau punya perut buncit. Keripik kentang sarat lemak jenuh, penuh garam, dan tidak memuat kalori murni. Kudapan ini juga tidak mengenyangkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA