Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Daftar Artis yang Mundur tanpa Album Setelah Dapat Grammy

Selasa 23 Feb 2021 10:09 WIB

Rep: Umi Nur Fadhillah/ Red: Friska Yolandha

Daft Punk

Daft Punk

Foto: Photo by Matt Sayles/Invision/AP
Daft Punk bukan pemusik pertama yang mundur tanpa album setelah dapat Grammy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik asal Prancis Daft Punk mengumumkan bubar pada Senin (22/2) waktu setempat. Pengumuman itu terjadi tujuh tahun setelah album studio keempat mereka Random Access Memories memenangkan Grammy untuk kategori Album Tahun Ini dalam acara 56th Grammy Awards pada Januari 2014.

Dilansir Billboard pada Selasa (23/2), duo EDM yang terkenal itu bukanlah artis pertama yang mengundurkan diri tanpa merilis album selanjutnya setelah memenangkan penghargaan Album Tahun Ini di Grammy Awards. Duo penyanyi lagu folk asal AS, Simon and Garfunkel tidak pernah merilis album studio lanjutan dari album kelima mereka Bridge Over Troubled Water, yang menyapu penghargaan pada 1970. Mereka bergabung kembali untuk dua album live, The Concert in Central Park (direkam pada 19 September 1981) dan Old Friends: Live in Stage (direkam pada tur 2003). Duo itu membuka acara 45th Grammy Awards pada Februari 2003 dengan penampilan “The Sound of Silence,” yang merupakan cara sangat terkenal mengumumkan tur.

Ray Charles meninggal tiga bulan sebelum dirilisnya Genius Loves Company, album pemenang pada 2004, yang menjadi album studio terakhirnya. John Lennon ditembak dan dibunuh tiga minggu sebelum rilis Double Fantasy, kolaborasi dengan istrinya, Yoko Ono, yang merupakan album pemenang pada 1981. Ono menindaklanjuti karya itu dengan album Milk and Honey, yang dirilis pada 1984.

Baca Juga

Lauryn Hill belum merilis album studio lanjutan dari debut solonya The Miseducation of Lauryn Hill, yang meraih penghargaan pada 1998 sebagai Album Tahun Ini. The Chicks membutuhkan waktu 14 tahun untuk menindaklanjuti Taking the Long Way, yang memenangkan penghargaan Album Tahun Ini. Trio wanita beraliran alternative country itu akhirnya merilis Gaslighter pada tahun lalu.

Album terakhir Daft Punk Random Access Memories mengalahkan dua album yang diunggulkan memenangkan Album Tahun Ini, yaitu Red milik Taylor Swift dan good kid, m.A.A.d city milik Kendrick Lamar. Nominasi lain adalah The Heist milik Macklemore & Ryan Lewis dan The Blessed Unrest milik Sara Bareilles.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA