Senin 22 Feb 2021 23:24 WIB

Tiga Produk Kuliner UMKM Samosir Peroleh Sertifikat Halal

Ketiga UMKM tersebut telah mengikuti berbagai proses pelatihan.

Tiga Produk Kuliner UMKM Samosir Peroleh Sertifikat Halal (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tiga Produk Kuliner UMKM Samosir Peroleh Sertifikat Halal (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,SAMOSIR -- Tiga produk kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, telah mendapat sertifikat halal dari instansi yang berwenang.

Kasie Pembinaan UMKM Disperindag Koperasi Kabupaten Samosir, Shanny Nainggolan, Jumat (19/2), menyebutkan sertifikasi halal tersebut yakni untuk UMKM Pardosir jenis usaha kopi bubuk di Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, UMKM Sarima (kacang rendam) di Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan dan UMKM Tamba Indah Kopi (kopi bubuk) di Kelurahan Pasar Pangururan.

Sebelumnya, ketiga UMKM tersebut telah mengikuti berbagai proses termasuk pelatihan keamanan pangan dari Dinas Kesehatan. Dikatakan, Pemkab Samosir melalui Dinas Koperasi UMKM berkomitmen untuk membina dan membantu para pelaku usaha kecil menengah yang jumlahnya mencapai angka 22.000.

Bentuk bantuan berupa penyuluhan, pelatihan, proses standarisasi produk yang dilakukan secara bertahap, memfasilitasi pameran dan pangsa pasar. Diharapkan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan ajang Beli Kreatif Danau Toba dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif memberi motivasi baru bagi pelaku usaha untuk terus berproduksi.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement