Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Kiat Singkat Buat Baju Rapi tanpa Setrikaan

Selasa 23 Feb 2021 03:38 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Setrika uap. ilustrasi

Setrika uap. ilustrasi

Foto: Industex.com
Merapikan baju tanpa setrika bisa menggunakan shower dan es batu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyetrika baju terkadang menyita waktu yang cukup lama, terlebih bila hasil setrikaan masih menyisakan kerutan. Kabar baiknya, situasi ini dapat dihindari dengan mudah mengganti setrikaan dengan es batu. Bagaimana caranya?

Ahli laundry dan CEO Laundryheap Deyan Dimitrov mengatakan langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menaruh satu buah es batu ke dalam tumble dryer atau mesin pengering pakaian. Setelah itu masukkan juga baju-baju yang sudah kering. Panas dari mesin pengering akan melelehkan es batu dan menciptakan uap yang dapat membantu menghilangkan kerutan-kerutan pada baju dalam waktu 10 menit.

"(Trik ini membantu mendapatkan baju) bebas lipatan dengan upaya minimal dan tanpa menyetrika," jelas Dimitrov, seperti dilansir Express.

Bila tidak memiliki mesin pengering atau kerutan baju tidak terlalu banyak, ada kiat lain yang bisa dilakukan. Kiat kedua ini perlu dilakukan di kamar mandi yang dilengkapi dengan shower air panas.

Saat sedang manding menggunakan shower air panas, gantung pakaian-pakaian yang ingin "disetrika" di dalam kamar mandi. Pastikan jendela tertutup sehingga uap panas dari shower memberikan efek yang sama seperti setrika uap pada pakaian tersebut.

Kiat lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan freezer atau lemari pembeku. Lemari pembeku dapat menjadi solusi untuk masalah-masalah lain pada sepatu dan pakaian.

Dimitrov mengatakan suhu yang dingin dapat menjaga pakaian dan mengeradikasi bakteri-bakteri yang menempel. Selain itu, lemari pembeku juga dapat membawa kesegaran kembali pada sepatu yang berbau.

Terkait sepatu, Dimitrov mengatakan mencuci sepatu di mesin cuci terkadang dapat menyebabkan kerusakan. Kerusakan ini tetap bisa terjadi meski putaran mesin cuci berada pada mode yang lembut. Kerusakan ini cenderung rentan ditemukan pada sepatu yang terbuat dari kulit.

Untuk menghilangkan bau pada sepatu dengan lemari pendingin, Dimitrov mengatakan sepatu perlu disimpan dalam plastik freezer kedap udara. Setelah itu, sepatu dapat disimpan di dalam lemari pembeku selama 24 jam.

"Suhu dingin dapat membantu mengeliminasi bakteir yang menyebabkan bau," tukas Dimitrov.

Kiat ini juga tidak membutuhkan proses pengeringan sepatu, sebagaimana proses mencuci sepatu biasa. Karena disimpan di dalam plastik kedap udara, sepatu yag disimpan di dalam lemari pembeku tidak akan terkena cairan atau menjadi lembap. Di samping itu, Dimitrov mengatakan cara ini dapat memperpanjang masa pakai sepatu satu tahun lebih lama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA