Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Pangeran William Ungkap Kondisi Kesehatan Pangeran Philip

Selasa 23 Feb 2021 02:50 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Foto: AP
Pangeran Philip sudah dirawat di rumah sakit King Edward VII sejak Selasa lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar dirawatnya Pangeran Philip di rumah sakit sempat menguak sejak beberapa hari lalu. Pangeran William mengungkapkan bahwa sang kakek saat ini dalam kondisi baik-baik saja di bawah pengawasan dokter.

"Para dokter mengawasinya," ujar Pangeran William saat melakukan kunjungan di pusat vaksinasi King's Lynn, Norfolk, seperti dilansir SKY News.

Pangeran Philip sudah dirawat di rumah sakit King Edward VII sejak Selasa lalu hingga saat ini. Saat itu, Pangeran Philip mendatangi rumah sakit dengan menggunakan mobil pribadi, bukan ambulans.

Pria berusia 99 tahun itu pun tampak bisa berjalan dengan baik tanpa dibantu. Kunjungan dan perawatan Pangeran Philip di rumah sakit merupakan tindakan pencegahan dan tidak berkaitan dengan Covid-19, seperti dilansir Express.

Seorang sumber juga mengatakan bahwa suami dari Ratu Elizabeth II itu tampak memiliki semangat yang baik. Akan tetapi, dia perlu menjalani rawat inap di rumah sakit untuk istirahat dan observasi.

Tak lama setelah itu, Pangeran Charles yang sedang berada di Gloucestershire rela melakukan perjalanan pulang-pergi sejauh 320 km untuk mengunjungi sang ayah di rumah sakit. Ini menjadi pertemuan pertama Pangeran Charles dan Pangeran Philip setelah sebelumnya mereka harus terpisah akibat pembatasan pandemi Covid-19.

Kunjungan Pangeran Charles sempat menjadi sorotan dan memunculkan spekulasi negatif mengenai kondisi Pangeran Philip. Salah satu alasannya, aturan yang berlaku saat ini di Inggris hanya memperbolehkan kunjungan ke rumah sakit bila pasien yang dirawat membutuhkan perawatan ekstra atau bila alat penunjang hidup pasien harus dihentikan.

Kunjungan Pangeran Charles juga menjadi sorotan setelah sebuah foto kunjungan tersebut beredar. Foto tersebut diambil saat Pangeran Charles akan meninggalkan rumah sakit. Mata Pangeran Charles yang sedang duduk sambil menggunakan masker di dalam mobil tampak berkaca-kaca.

Akan tetapi, sumber dekat mengatakan Pangeran Charles mendatangi rumah sakit hanya untuk melihat dan bertemu dengan Pangeran Philip. Pihak istana juga menekankan bahwa kondisi Pangeran Philip tidak mengalami perubahan sejak dia pertama kali dirawat.

"Menindaklanjuti konsultasi dengan dokter, The Duke of Edinburgh (Pangeran Philip) tetap di rumah sakit untuk observasi dan istirahat selama akhir pekan dan ke pekan berikutnya," jelas pihak Istana Inggris.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA