Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Statistik Terbaik dari Liga Top Eropa Akhir Pekan Kemarin

Senin 22 Feb 2021 21:16 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Bruno Fernandes.

Bruno Fernandes.

Foto: Michael Steele/Pool Photo via AP
Fernandes gemilang, City tak terbendung, dan rekor West Ham.

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Derby klasik pada pekan ini terjadi di beberapa kompetisi Eropa. Dari mulai Inter Milan yang menaklukan AC Milan, hingga Everton yang mampu merebut poin penuh dari Liverpool.

Di tempat lain, Borussia Dortmund berhasil mengalahkan rival satu kotanya, Schalke dan West Ham yang tidak memberi ruang Tottenham Hotspur untuk merebut poin di kandangnya. ESPN mengumpulkan statistik terbaik pada pekan ini di Liga Premier.

Pertama adalah West Ham yang mampu menguasai papan atas dengan meraih posisi empat klasemen usai mengalahkan rival satu kotanya, Tottenham Hotspur. Posisi empat ini diraih pada pekan 25 kompetisi Liga Premier. Ini menjadi kali pertama posisi papan atas bagi the Hammers sejak 1985/1986 silam.

Kedua adalah Bruno Fernandes yang mencetak gol dan assist pada pertandingan liga untuk ketujuh kalinya musim ini. Jumlah ini terbanyak dari pemain di lima liga teratas di Eropa pada musim 2020/2021.

Manchester City menyamai rekor kemenangan tandang berturut-turut sebanyak 11 kali di semua kompetisi. Catatan itu memecahkan rekor yang sebelumnya mereka pegang sendiri antara Mei dan November 2017 lalu.

Masih Manchester City, tim asuhan Pep Guardiola ini memperpanjang rekor kemenangan beruntun dengan catatan 18 pertandingan di semua kompetisi. Mereka berhasil membobol lawan dengan 47 gol dan hanya kebobolan enam gol di Liga Premier.

Kelima, ada Everton yang memecahkan rekor memenangkan pertandingan di Stadion Anfield sejak kemenangan terakhir mereka pada September 1999. Mereka mengakhiri 20 pertandingan tanpa kemenangan dari rival satu kota dan memutus 24 pertemuan buruk (imbang 12 kali dan kalah 11 kali). 

Terakhir, lagi-lagi adalah Fernandes yang mencatatkan 54 kontribusi pada gol di semua kompetisi untuk Manchester United sejak memulai debutnya pada klub Februari 2020 lalu. Dia bersama Lionel Messi tercatat sebagai pencetak kotribusi gol terbanyak dari pemain di lima liga teratas Eropa dengan rentan waktu yang sama. Adapun posisi teratas dipegang oleh Robert Lewandowski dengan 68 kontribusi.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA