Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Empat Cara Meningkatkan Cinta kepada Allah

Senin 22 Feb 2021 12:01 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Empat Cara Meningkatkan Cinta kepada Allah

Empat Cara Meningkatkan Cinta kepada Allah

Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Cinta dan takut kepada Allah harus seimbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hubungan spiritual dengan Sang Pencipta harus terjalin dengan baik. Jika Anda merasakan hubungan tersebut renggang dan cinta Anda berkurang, ada empat hal yang Anda bisa lakukan untuk meningkatkannya, dilansir About Islam.

Cinta dan Ketakutan

Cinta yang dimiliki kepada Allah membuat seseorang ingin mematuhi kewajiban seperti berdoa atau berpuasa. Cinta kepada Allah juga akan membuat seseorang ingin dekat dengan segala sesuatu yang terkait dengan-Nya, termasuk setiap tindakan yang akan membuatnya lebih dekat dengan Tuhan.

Baca Juga

Pada saat yang sama ketakutan akan ketidakpuasan Allah akan menjauhkan seseorang dari apa yang dilarang atau tindakan apa pun yang akan menyebabkan ketidaksetujuan-Nya. Kedua emosi tersebut harus seimbang.

Membaca Alquran

Ada sejumlah orang yang mencoba membaca Alquran sebanyak mungkin. Mereka bisa merujuk pada kehidupan sahabat Nabi yang membaca Alquran dalam hitungan hari. Namun, bukan kuantitas yang terpenting, melainkan kualitas.

Jika seseorang ingin membaca Alquran sebanyak yang dia bisa, tapi apa yang dibaca tidak mengarah pada refleksi diri, dia kehilangan tujuan dari Alquran. Kita harus mengacu pada kehidupan para sahabat Nabi. Saat mereka membaca Alquran, mereka tidak hanya akan membaca ayat dengan suara keras, tetapi juga berusaha mempraktikkan petunjuk dari ayat tersebut.

Alquran bukan lagi buku yang bisa dibaca seperti buku lainnya. Namun, Alquran menjadi dasar dari tindakan dan perbuatan seseorang.

photo
Membaca Alquran (ilustrasi) - (republika)
 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA