Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Jejak Hamka Muda dan Muhammadiyah di Swiss van Java

Senin 22 Feb 2021 11:22 WIB

Red: Ani Nursalikah

Jejak Hamka Muda dan Muhammadiyah di Swiss van Java. Hamka muda saat berada di kawasan wisata Kawah Kamodjang bersama dua temannya.

Jejak Hamka Muda dan Muhammadiyah di Swiss van Java. Hamka muda saat berada di kawasan wisata Kawah Kamodjang bersama dua temannya.

Foto: Dok RZS
Hamka muda luput dari catatan, bahwa beliau pernah berkunjung ke kawah Kamojang.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Sopaat Rahmat Selamet | Wakil Ketua MPI PW Muhammadiyah Jabar, dosen UM Bandung

Bangsa Eropa yang berkunjung ke Indonesia di awal abad ke-20 M menemukan sebuah daerah dengan kota kecil yang mirip negeri Swiss, itulah (kabupaten) kota Garut. Kepopuleran Garut sebagai Swiss van Java tidak lepas dari jasa promosi wisata saat itu.

Jepretan fotografer profesional, Thilly Wissenborn, seorang wanita keturunan Jerman-Belanda yang puluhan tahun sempat tinggal di kota Garut. Buah tangan Thilly Wissenborn di studio fotonya dikirim kepada kerabat dan teman-temannya di Eropa membuat banyak orang tertarik dan takjub dengan pesona keindahan kota Garut yang dikeliling gunung (Gunung Papandayan yang mengepulkan asap belerangnya, Gunung Guntur, dan Gunung Cikuray) dan dihiasi dengan danau yang indah, Situ Bagendit dan Situ Cangkuang.

Baca Juga

Amat wajar, bila sosok pemuda Malik—kelak setelah dewasa dikenal sebagai Hamka—pun pernah dan sering berkunjung ke kota Garut. Hamka hanya populer di tahun 1920-an ketika datang ke Jawa, menuju kota Jogya dan Pekalongan, untuk menimba ilmu.

Hamka muda luput dari catatan, bahwa beliau pernah berkunjung sebagai wisatawan lokal ke kawah Kamojang, Garut. Bahkan Hamka sering menginap di kota Garut di rumah seorang tokoh Muhammadiyah lokal. Tetapi memori kolektif warga Muhammadiyah Garut—khususnya keluarga perintis Muhammadiyah lokal—mencatat kalau Hamka muda dekat dengan kota Garut.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA