Senin 22 Feb 2021 14:23 WIB

Sule Jadi Bidikan Utama Chelsea di Jendela Transfer

Memperkuat lini belakang Chelsea menjadi target utama Tuchel di jendela transfer.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain belakang Bayern Muenchen Niklas Sule.
Foto: EPA-EFE/Alexander Hassenstein
Pemain belakang Bayern Muenchen Niklas Sule.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Chelsea digadang-gadang menjadi klub yang paling bernafsu untuk bisa memboyong Niklas Sule dari Bayern Muenchen. Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, bahkan dikabarkan menjadikan bek tengah asal Jerman itu sebagai pemain incaran utama the Blues pada bursa transfer awal musim depan.

Keinginan pelatih asal Jerman untuk bisa melihat Sule di tim utama the Blues pada musim depan itu pun sudah diungkapkan Tuchel kepada Direktur Chelsea, Marina Granovskaia.

''Memperkuat lini belakang menjadi target utama Tuchel di jendela transfer berikutnya. Tuchel sudah mulai berbicara kepada Marina (Granovskaia) terkait upaya mencapai kesepakatan dengan Bayern dalam transfer Sule,'' tulis laporan Abendzeitung seperti dilansir Football-London, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Chelsea dilaporkan menjadi salah satu klub peminat bek tengah RB Leipzig, Dayot Upamecano. Namun, Chelsea, dan sejumlah klub raksasa Eropa lain, harus gigit jari lantaran bek tengah berusia 22 tahun itu lebih memilih untuk hijrah ke Bayern Muenchen. Upamecano akan resmi menjadi penggawa anyar Die Bayern pada musim depan.

Di sisi lain, kehadiran Upamecano di Die Bayern dinilai bakal mengancam posisi Sule. Terlebih, bek tengah berusia 25 tahun itu dinilai belum kembali menampilkan performa terbaiknya pasca cedera parah pada pertengahan musim lalu.

Pada November 2019, Sule mengalami cedera robek otot Anterior Cruciate Ligament (ACL) di lutut kiri. Imbasnya, Sule absen hingga akhir musim lalu.

Sedangkan pada musim ini, mantan bek tengah Hoffenheim itu belum menunjukkan konsistensi performa. Selain faktor kebugaran, Sule juga sempat mengalami cedera lutut dan harus absen di satu partai Bundesliga Jerman.

Hingga pekan ke-21 Bundesliga, Sule tampil di 14 laga dengan catatan 980 menit penampilan. Secara keseluruhan, Sule telah tampil di 24 laga di semua ajang pada musim ini. Kendati tengah menangguhkan negosiasi perpanjangan kontra Sule, manajemen Die Bayern sepertinya masih memiliki kepercayaan kepada Sule.

Pun dengan keyakinan pelatih Muenchen, Hansi Flick, soal kemampuan Sule untuk bisa kembali menjadi andalan di jantung pertahanan. Saat ini, kontrak Sule bersama Muenchen tinggal tersisa satu tahun lagi atau bakal berakhir pada 2022 mendatang.

Terkait ketersediaan dana tranfer guna merekrut Sule, Chelsea bisa memanfaatkan keinginan AC Milan untuk merekrut Fikayo Tomori secara permanen pada akhir musim ini. Saat ini, bek tengah berusia 23 tahun itu tengah menjalani masa peminjaman di Milan hingga akhir musim. I Rossoneri pun dikabarkan berniat mengubah status kepindahan Tomori itu.

Namun, Milan mesti bisa merogoh kocek sedalam 25 juta poundsterling untuk bisa mendapatkan Tomori. Apabila Chelsea dan Milan sepakat dengan banderol transfer Tomori tersebut, maka dana hasil kepindahan Tomori itu bisa digunakan the Blues untuk bisa memboyong Sule.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement