Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Ambisi Martinelli Jadi Penerus Aubameyang di Arsenal

Senin 22 Feb 2021 13:21 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Winger Arsenal Gabriel Martinelli saat merayakan gol.

Winger Arsenal Gabriel Martinelli saat merayakan gol.

Foto: EPA
Nomor punggung 14 di Arsenal memang terbilang istimewa.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Winger Arsenal, Gabriel Martinelli, mengaku terkesan dengan sosok Pierre-Emerick Aubameyang sebagai kapten dan andalan Arsenal di lini depan. Pemain berusia 19 tahun itu pun memiliki mimpi besar untuk mengikuti jejak Aubameyang dan mewarisi nomor punggung 14, yang kini digunakan Aubameyang di skuat the Gunners.

Seperti halnya Aubameyang, yang berposisi asli sebagai winger, Martinelli juga berposisi asli sebagai winger. Namun, berbeda dari Aubameyang, yang juga piawai ditempatkan sebagai penyerang tengah, kemampuan Martinelli untuk ditempatkan penyelesai serangan belum benar-benar teruji.

Sejak dipercaya memperkuat tim utama Arsenal pasca-kepindahan dari Ituano pada 2019 silam, Martinelli lebih banyak ditempatkan di posisi sayap kiri atapun sayap kanan. Kendati begitu, Martinelli bertekad untuk bisa meningkatkan kemampuannya terutama dalam fleksibilitas posisi bermain di lini serang. Eks penggawa tim junior Corinthians itu pun memiliki pemain panutan di tim utama Arsenal.

''Auba adalah pemain luar biasa. Tidak hanya sebagai pesepak bola, dia juga sosok yang luar biasa. Tentu saja, sangat menyenangan memiliki dia di tim ini. Dia juga bermain di posisi saya. Saya bisa melihatnya setiap hari dan belajar banyak darinya sebanyak mungkin,'' ujar Martinelli kepada ESPN Brasil, akhir pekan lalu.

Sayangnya, pada musim keduanya membela Arsenal, kiprah Martinelli terganggu serangkaian lutut. Telah pulih dari cedera lutut yang sempat membekapnya pada akhir musim lalu, Martinelli kembali mengalami cedera, tepatnya cedera lutut dan cedera paha.

Namun, saat ini, penggawa timnas Brasil U-23 itu telah pulih dari cedera tersebut. Martinelli juga sudah disertakan di skuat Arsenal di enam laga terakhir.

Kendati begitu, Martinelli hanya dipercaya tampil di dua laga. Pemain yang juga memegang paspor Italia itu agaknya masih mengalami kendala terkait kebugaran fisiknya.

Martinelli berharap bisa segera berada dalam kondisi terbaik dan menemukan ritme permainan terbaiknya. Pemain yang telah mencetak tiga gol dari 18 penampilannya selama memperkuat Arsenal itu pun memiliki ambisi untuk bisa menjadi penerus Aubameyang, baik sebagai kapten ataupun pemain yang menggunakan nomor punggung 14 di tim utama The Gunners.

Nomor punggung 14 di Arsenal memang terbilang istimewa. Nomor punggung 14 adalah nomor punggung yang pernah digunakan salah satu legenda Arsenal, Thierry Henry. Hingga kini, eks penyerang timnas Prancis itu masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Arsenal.

''Tentu, saya berharap bisa kembali tampil dalam waktu dekat, dan mengikuti jejak Aubameyang di klub ini. Dia adalah kapten dan pemilik nomor 14, yang menjadi simbol di klub ini. Saya berharap memiliki masa depan yang cerah di klub ini,'' kata Martinelli.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA