Senin 22 Feb 2021 03:04 WIB

Dampak Kemarau, Kabupaten Agam Kembali Alami Kebakaran Lahan

Lahan yang terkabar merupakan perkebunan kelapa sawit.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Fakhruddin
Dampak Kemarau, Kabupaten Agam Kembali Alami Kebakaran Lahan (ilustrasi).
Foto: Antara/Rony Muharrman
Dampak Kemarau, Kabupaten Agam Kembali Alami Kebakaran Lahan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,AGAM -- Kabid KL Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal mengatakan hari ini, Ahad (21/2) di Agam kembali terjadi kebakaran lahan karena dampak musim kemarau. Kali ini kebakaran lahan terjadi di Alahan Jambu, Jorong Tapian Kandih, Nagari Persiapan Salareh Aia Barat, Kecamatan Palembayan.

"Kita mendapatkan informasi ini sekitar pukul 13.46 WIB, kemudian langsung bergerak ke lokasi melakukan upaya pemadaman,” kata Syafrizal.

Syafrizal mengatakan kebakaran dimulai sejak pukul 11.00 WIB tadi. Penyebabnya karena panas terik matahari disertai angin kencang. Lahan yang terkabar merupakan perkebunan kelapa sawit. Informasi terakhir, lahan yang dilahap si jago merah seluas 1 hektare. Saat ini BPBD Agam sudah berada di lokasi untuk upaya pemadaman. BPBD dibantu oleh Damkar Agam, Damkar Padang Pariaman, pemerintahan nagari dan juga  masyarakat.

Syafrizal mengimbau warga agar selalu waspada di tengah cuaca kemarau. Karena cuaca saat ini rentan kebakaran bila terpicu percikan api. Sebelumnya beberapa hari lalu di Agam juga sudah pernah terjadi kebakaran lahan yakni di Durian Kapeh, Kecamatan Tanjung Raya.

"Kita imbau masyarakat apabila membuka lahan agar menghindari pola pembakaran, karena dikhawatirkan bisa menjadi pemicu kebakaran lahan yang lebih besar," ujar Syafrizal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement