Senin 22 Feb 2021 02:02 WIB

Inggris Ingin Maksimalkan Potensi Kota Oxford dan Cambridge

Kota universitas itu menjadi salah satu koridor pertumbuhan utama dunia.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin
Inggris Ingin Maksimalkan Potensi Kota Oxford dan Cambridge (ilustrasi).
Foto: Cambridge Central Mosque
Inggris Ingin Maksimalkan Potensi Kota Oxford dan Cambridge (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Pemerintah Inggris mengumumkan rencana ambisius untuk mengeluarkan potensi ekonomi dan budaya dari kota Oxford dan Cambridge. Kedua kota itu selama ini dikenal sebagai rumah bagi dua kampus top dunia di tanah Britania.

Menteri Perumahan Inggris Christopher Pincher mengatakan penguatan wisata Oxford-Cambridge akan mengubah kota-kota universitas itu menjadi salah satu koridor pertumbuhan utama dunia. Kedua kota itu juga mengemban misi dalam program keberlanjutan.

Pincher menilai kerangka tata ruang akan membantu menciptakan ribuan pekerjaan sekaligus mendorong investasi, melindungi dan meningkatkan lingkungan dengan membuka potensi jangka panjang kawasan tersebut.

"Ini akan menyediakan infrastruktur dan tempat-tempat baru yang dibutuhkan untuk memperbaiki daerah itu," kata Pincher dalam keterangannya dilansir dari kantor berita Xinhua pada Ahad (21/2).

Selama ini kawasan Oxford-Cambridge mencakup lima kabupaten : Oxfordshire, Buckinghamshire, Northamptonshire, Bedfordshire dan Cambridgeshire. Pincher optimis penguatan Oxford-Cambridge dapat memfasilitasi ruang kerja yang lebih luas. 

Pincher menyampaikan komitmen pemerintah Inggris untuk mempromosikan program itu secara internasional. Oxford-Cambridge diharapkan dapat mendatangkan investasi.

"Rencana tersebut bertujuan untuk membantu melepaskan potensi daerah tersebut sebagai pembangkit tenaga inovasi global dengan hasil ekonomi lebih dari US $ 277 miliar pada tahun 2050," ucap Pincher. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement