Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Inggris Ingin Maksimalkan Potensi Kota Oxford dan Cambridge

Senin 22 Feb 2021 02:02 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin

Inggris Ingin Maksimalkan Potensi Kota Oxford dan Cambridge (ilustrasi).

Inggris Ingin Maksimalkan Potensi Kota Oxford dan Cambridge (ilustrasi).

Foto: Cambridge Central Mosque
Kota universitas itu menjadi salah satu koridor pertumbuhan utama dunia.

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Pemerintah Inggris mengumumkan rencana ambisius untuk mengeluarkan potensi ekonomi dan budaya dari kota Oxford dan Cambridge. Kedua kota itu selama ini dikenal sebagai rumah bagi dua kampus top dunia di tanah Britania.

Menteri Perumahan Inggris Christopher Pincher mengatakan penguatan wisata Oxford-Cambridge akan mengubah kota-kota universitas itu menjadi salah satu koridor pertumbuhan utama dunia. Kedua kota itu juga mengemban misi dalam program keberlanjutan.

Pincher menilai kerangka tata ruang akan membantu menciptakan ribuan pekerjaan sekaligus mendorong investasi, melindungi dan meningkatkan lingkungan dengan membuka potensi jangka panjang kawasan tersebut.

"Ini akan menyediakan infrastruktur dan tempat-tempat baru yang dibutuhkan untuk memperbaiki daerah itu," kata Pincher dalam keterangannya dilansir dari kantor berita Xinhua pada Ahad (21/2).

Selama ini kawasan Oxford-Cambridge mencakup lima kabupaten : Oxfordshire, Buckinghamshire, Northamptonshire, Bedfordshire dan Cambridgeshire. Pincher optimis penguatan Oxford-Cambridge dapat memfasilitasi ruang kerja yang lebih luas. 

Pincher menyampaikan komitmen pemerintah Inggris untuk mempromosikan program itu secara internasional. Oxford-Cambridge diharapkan dapat mendatangkan investasi.

"Rencana tersebut bertujuan untuk membantu melepaskan potensi daerah tersebut sebagai pembangkit tenaga inovasi global dengan hasil ekonomi lebih dari US $ 277 miliar pada tahun 2050," ucap Pincher. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA