Senin 22 Feb 2021 00:31 WIB

Pusat Bantuan Saudi Lanjutkan Proyek Bantuan di Yaman

Pusat Bantuan tersebut menyediakan fasilitas bedah saraf.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pusat Bantuan Saudi Lanjutkan Proyek Bantuan di Yaman (ilustrasi).
Foto: SPA
Pusat Bantuan Saudi Lanjutkan Proyek Bantuan di Yaman (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,HADRAMOUT -- Arab Saudi melalui Pusat Bantuan dan Pertolongan Kemanusiaan Raja Salman (KSrelief) terus berupaya memberi bantuan di bidang kesehatan kepada negara yang membutuhkan. Terbaru, peralatan medis dikirimkan ke pusat perawatan virus Covid-19 di Rumah Sakit Al-Hayat, Provinsi Hadramout, Yaman.

Bantuan tersebut dikirimkan sebagai salah satu bentuk dari berbagai proyek yang ditawarkan oleh Arab Saudi melalui KSrelief. Tujuannya, untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan Kementerian Kesehatan Masyarakat dan Kependudukan Yaman dalam memerangi Covid-19.

Dilansir di Arab News, Ahad (21/2), KSrelief juga mendistribusikan 2.800 karton kurma kepada keluarga-keluarga yang terlantar di provinsi Taiz, Yaman. 7.000 karton berisi kurma lainnya dikirimkan kepada keluarga yang membutuhkan di Gubernuran Hodeidah.

Awal Februari ini, Pusat Bantuan tersebut menyediakan fasilitas bedah saraf untuk orang dewasa dan anak-anak. Sebanyak 2.040 orang telah mendapat manfaat dari klinik medis keliling KSrelief, yang tersedia di Provinsi Hajjah dan diluncurkan Januari lalu.

 

Berkoordinasi dengan Pusat Pengendalian Penyakit Epidemi Darurat, KSrelief memberikan perawatan medis kepada orang-orang dengan masalah kesehatan yang berbeda, yang tinggal di Hajjah. Selama Januari 2021, total 7.206 orang mendapatkan manfaat dari kampanye tersebut.

Tak hanya itu, KSrelief juga baru-baru ini disebut menandatangani perjanjian senilai 4 juta dolar AS untuk mendukung program nutrisi bagi anak-anak balita, wanita hamil dan menyusui, di tujuh provinsi Yaman. Proyek ini diproyeksikan akan mendatangkan manfaat bagi 437.179 individu.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, akan dibangun fasilitas kesehatan yang dilengkapi dengan peralatan modern. Pusat bantuan ini juga akan membantu otoritas Yaman dalam mengoperasikan klinik nutrisi, tim bergerak, serta menyediakan pasokan medis dan pelatihan terkait kesehatan kepada mereka.

Selain beberapa proyek kesehatan dan sanitasi, KSrelief juga berfokus pada pemberdayaan perempuan dan keluarga yang kehilangan pencari nafkah, dengan menawarkan program pelatihan dan membantu mereka membangun usaha sendiri.

Sejak didirikan pada Mei 2015, KSrelief telah melaksanakan 1.329 proyek di 53 negara, bernilai lebih dari 4,42 miliar dolar AS. Negara-negara yang paling diuntungkan dari pekerjaan kemanusiaan ini adalah Yaman, Palestina, Suriah dan Somalia.

Kegiatan kemanusiaan, bantuan dan pembangunan yang dilakukan KSrelief meluas ke semua negara yang membutuhkan di dunia, termasuk negara-negara Arab dan Islam. 1.367 proyek dan program telah dilakukan KSrelief, mencakup 54 negara berbeda di seluruh dunia. 

Sumber: https://www.arabnews.com/node/1812936/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement