Ahad 21 Feb 2021 22:30 WIB

Dinkes: 5.959 Nakes di Cirebon Telah Divaksin

Dinkes Kabupaten Cirebon menyebut vaksin tahap II bagi nakes masih terus berjalan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tim medis menyuntikkan vaksin kepada warga dalam simulasi uji coba vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (6/1/2021).  Simulasi tersebut dilakukan setelah puskesmas tersebut ditunjuk sebagai salah satu lokasi pelaksanaan ujicoba vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Cirebon dengan memastikan kesiapan mulai dari alur proses vaksinasi, tenaga kesehatan, observasi, penerapan protokol kesehatan.
Foto: Dedhez Anggara/ANTARA
Tim medis menyuntikkan vaksin kepada warga dalam simulasi uji coba vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (6/1/2021). Simulasi tersebut dilakukan setelah puskesmas tersebut ditunjuk sebagai salah satu lokasi pelaksanaan ujicoba vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Cirebon dengan memastikan kesiapan mulai dari alur proses vaksinasi, tenaga kesehatan, observasi, penerapan protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sebanyak 5.959 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Cirebon telah menerima vaksin Covid-19 dosis ke-1. Kegiatan vaksinasi dosis kedua hingga kini masih berjalan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, menyebutkan, data realiasi nakes yang sudah divaksin dosis ke-1 itu merupakan pendataan hingga Sabtu (20/2). Sedangkan sasaran nakes vaksinasi dosis ke-1 di Kabupaten Cirebon mencapai 7.203 orang.

"Dari jumlah sasaran itu, ada nakes yang ditunda dan ada nakes yang tidak diberikan vaksin Covid-19," ujar Enny, Ahad (21/2).

Pada dosis ke-1, tercatat ada 887 nakes yang ditunda vaksinasinya dan 925 nakes tidak diberikan vaksin. Sedangkan pada dosis ke-1 termin ke-2, tercatat ada 57 nakes yang ditunda vaksinasinya dan 125 nakes tidak diberikan vaksin.

"Untuk vaksinasi dosis ke-2 hingga kini masih berjalan," terang Enny.

Enny menyebutkan, pada vaksinasi dosis ke-2, sasaran nakes yang divaksin mencapai 4.495 orang. Hingga Sabtu (20/2), jumlah nakes yang sudah diberi vaksin mencapai 1.643 orang, yang ditunda vaksinasinya ada 162 orang dan tidak diberikan vaksin ada 236 orang.

Seperti diketahui, Kabupaten Cirebon menerima vaksin sebanyak 13.400 vaksin untuk tahap pertama vaksinasi Covid-19. Vaksin tahap pertama itu diberikan kepada para nakes yang ada di Kabupaten Cirebon mulai 1 Februari 2021, dan dosis keduanya pada 14 hari selanjutnya.

Ada 7.203 nakes yang menjadi prioritas mendapatkan vaksin tersebut. Vaksinasi dilakukan di 75 fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement