Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Dampak Banjir, 18 Perjalanan KA di Daop 3 Cirebon Dibatalkan

Ahad 21 Feb 2021 16:37 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Bayu Hermawan

Rel kereta api terendam banjir (ilustrasi)

Rel kereta api terendam banjir (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Perjalanan kereta dari dan menuju Jakarta dibatalkan akibat banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Banjir yang terjadi di area Daop 1 Jakarta, mengakibatkan perjalanan KA Jarak Jauh yang menuju dan dari Jakarta, dibatalkan. Di wilayah Daop 3 Cirebon, tercatat ada 18 perjalanan KA yang dibatalkan pada Ahad (21/2).

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto menjelaskan hingga kini, ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 sampai dengan KM 53+600, terendam banjir dengan ketinggian air 150 cm. Tak hanya membuat jalur rel tergenang, banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air.

Baca Juga

"Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air," kata Suprapto, Ahad (21/2).

Suprapto mengatakan, dengan kondisi genangan air yang cukup tinggi pada petak jalan tersebut, maka perjalanan KA di wilayah Daop 3 Cirebon, yang menuju maupun dari arah Jakarta, pada Ahad (21/2), dibatalkan.

"Total ada 18 KA yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon, yang menuju dan dari arah Jakarta, yang mengalami pembatalan," ujar Suprapto.

Adapun 18 KA itu, yakni KA Tegal Ekspres relasi Tegal - Pasar Senen, KA Jayabaya relasi Pasar Senen - Malang, KA Progo relasi Lempuyangan - Pasar Senen, KA Argo Cheribon relasi Tegal - Gambir dan KA Argo Muria relasi Semarang Tawang - Gambir.

Selain itu, KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng/ PP, KA Gajayana relasi Gambir - Malang/ PP, KA Sawunggalih relasi Kutoarjo - Pasar Senen, KA Senja Utama Solo relasi Kutoarjo - Pasar Senen dan KA Singasari relasi Blitar - Pasar Senen.

Kereta lain yang perjalanannya dibatalkan adalah KA Sembrani relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir, KA Bengawan relasi Purwosari - Pasar Senen, KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen dan KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Pasar Senen/ pp.

Adapula KA Taksaka relasi Yogyakarta – Gambir, KA Argo Lawu relasi Gambir - Solo Balapan, KA Argo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi - Gambir /pp dan KA Argo Dwipangga relasi Solobalapan - Gambir.

Suprapto mengungkapkan, bagi penumpang KA yang sudah memesan tiket pada KA yang dibatalkan perjalanannya, dapat melakukan pembatalan. Pembatalan itu bisa melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun.

"Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen," tegas Suprapto.

Suprapto pun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api yang mengalami kendala karena dampak cuaca ekstrim. Untuk informasi perjalanan KA, dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero), seperti aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021) 121, layanan pelanggan cs@kai.id dan sosial media @keretaapikita @kai121_1. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA