Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Demonstrasi Berlanjut, Ekspatriat di Myanmar Mulai Pulang

Ahad 21 Feb 2021 16:45 WIB

Red: Nur Aini

Warga asing yang tinggal di Myanmar mulai pulang ke negara asal mereka di tengah meluasnya aksi protes terhadap kudeta militer.

Warga asing yang tinggal di Myanmar mulai pulang ke negara asal mereka di tengah meluasnya aksi protes terhadap kudeta militer.

Jepang menerbangkan pesawat pertama untuk mengangkut warga negaranya pulang

 

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Warga asing yang tinggal di Myanmar mulai pulang ke negara asal mereka di tengah meluasnya aksi protes terhadap kudeta militer.

Pada Jumat pagi (19/2), Jepang menerbangkan pesawat pertama untuk mengangkut warga negaranya pulang dari kota terpadat di Myanmar, Yangon. Menurut Kyodo News, bisnis Jepang menghadapi ketidakpastian karena meningkatnya ketegangan di Myanmar.

Baca Juga

Selain Jepang, Taiwan juga tengah mengupayakan evakuasi warganya dari Myanmar. China Airlines dijadwalkan untuk membawa penduduk Taiwan pulang mulai 21 Februari.

Sementara itu, Indonesia dan Filipina mengatakan mereka akan memulangkan warganya "jika dirasa perlu".

Pada 1 Februari, militer Myanmar mengumumkan keadaan darurat, beberapa jam setelah menahan pemimpin de facto dan Penasihat Negara Aung San Suu Kyi, beserta anggota senior Partai Liga Nasional untuk Demokrasi yang berkuasa saat itu. Kudeta terjadi beberapa jam sebelum sidang parlemen pertama, di mana mayoritas kursi parlemen diduduki anggota Partai Liga Nasional.

Pihak militer mengklaim bahwa kudeta tersebut dipicu "kecurangan pemilu" yang mengakibatkan dominasi partai di parlemen.

​​​​​​​

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/demonstrasi-berlanjut-ekspatriat-di-myanmar-mulai-pulang-ke-negara-asal/2150554
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA