Ahad 21 Feb 2021 15:37 WIB

Anies Baswedan Ungkap Tiga Prinsip Hadapi Banjir

Anies menanggapi prediksi BMKG bahwa Jakarta akan kembali diguyur hujan lebat.

Rep: Febryan. A/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Foto: Pemprov DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan lebat akan mengguyur wilayah Jabodetabek pada tanggal 23 dan 24 Februari 2021. Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pihaknya sudah bersiaga. 

"Kami sudah bersiaga selama persiapan dari tahun-tahun kemarin. Indikasinya apa? Indikasinya adalah kecepatan bergerak," kata Anies usai memantau Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Ahad (21/2). 

Baca Juga

Kecepatan bergerak itu, jelas Anies, tampak dari kesigapan jajarannya untuk bergerak ketika terjadi hujan. Ketika hujan terjadi dalam waktu relatif singkat, lanjut dia, petugas berserta masyarakat bisa bekerja bersama untuk memastikan genangan segera surut. 

Anies pun menyebut bahwa awak media sudah melihat dan mengetahui sepak terjang jajarannya di lapangan saat banjir. "Jadi Insya Allah ke depan kita terus pertahankan tiga prinsip, pertama siaga, kedua tanggap, ketiga galang. Tiga ini kita galakkan terus," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement