Ahad 21 Feb 2021 13:35 WIB

Dampak Banjir, KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir Dialihkan

Sementara itu seluruh perjalanan KA jarak jauh dari Stasiun Senen dibatalkan.

Rep: Febryan A/ Red: Nidia Zuraya
Penumpang berjalan di Stasiun Gambir, Jakarta (ilustrasi). Sebagian besar perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dari Stasiun Gambir pada hari ini (Ahad, 21/2/2021) dialihkan ke Stasiun Cikampek.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang berjalan di Stasiun Gambir, Jakarta (ilustrasi). Sebagian besar perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dari Stasiun Gambir pada hari ini (Ahad, 21/2/2021) dialihkan ke Stasiun Cikampek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah ruas rel kereta di wilayah Kabupaten Bekasi masih terendam banjir pada hari ini, Ahad (21/2). Walhasil, PT KAI DAOP 1 membatalkan semua perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, menjelaskan, aliran sungai Cibeet dan Cirarum meluap di Kabupaten Bekasi. Walhasil, banjir setinggi 1,5 meter merendam rel antara Kedunggedeh - Lemah Abang, tepatnya di KM 55+100 sampai dengan KM 54.500.

Baca Juga

"Untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Ahad (21/2).

Oleh karena itu, perjalanan KA jarak jauh dari Jakarta disesuaikan. Sebagian dibatalkan, sebagain lainnya dialihkan. Berikut daftar keberangkatan KA pada Ahad (21/2) untuk keberangkatan sampai dengan pukul 14.00 WIB:

1. Stasiun Pasar Senen: Seluruh KA dibatalkan

2. Stasiun Gambir

# Keberangkatan dialihkan ke Stasiun Cikampek

- KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi

- Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan

# Dibatalkan

-  KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung

Eva menjelaskan, kedua KA tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan. Penumpang pada KA tersebut diberangkatkan menggunakan bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan Perjalanan menggunakan jasa KA.

"Sedangkan untuk keberangkatan KA pada sore nanti dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen akan kembali diinformasikan secara berkala," kata dia.

PT KAI Daop 1, kata Eva, memohon maaf kepada seluruh pengguna jasa yang terdampak pembatalan perjalanan. Upaya untuk tetap dapat memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir akan terus dilakukan, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur KA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement