Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Gelar Kerajaan Resmi Dicabut, Ini Kata Pangeran Harry dan Meghan

Ahad 21 Feb 2021 09:46 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Meghan Markle, Pangeran Harry dan  ratu Elizabeth II

Meghan Markle, Pangeran Harry dan ratu Elizabeth II

Gelar kerajaan resmi dicabut, ini kata Pangeran Harry

VIVA – Pangeran Harry dan Meghan Markle berencana membuat perbedaan di dunia, dengan atau tanpa keluarga kerajaan. Pernyataan itu disampaikah usai Istana Buckingham merilis pernyataan pada Jumat atas nama Ratu Elizabeth II, yang menyebutkan bahwa pasangan tersebut secara resmi menyelesaikan tugas kerajaan mereka, sebelum melanjutkan dengan menegaskan

"Dengan menjauh dari pekerjaan Keluarga Kerajaan tidak mungkin melanjutkan tanggung jawab. dan tugas yang datang dari kehidupan pelayanan publik,” tulis pengumuman tersebut.

Menanggapi pengumuman tersebut, juru bicara Harry dan Megan membagikan pernyataan dari perwakilan pasangan tersebut yang menolak keyakinan Ratu Elizabeth bahwa "tidak mungkin" bagi mereka untuk melayani orang-orang sambil menjaga jarak dari kerajaan.

“Terbukti dari kerja mereka selama setahun terakhir, Duke dan Duchess of Sussex tetap berkomitmen untuk tugas dan pengabdian mereka ke Inggris. dan di seluruh dunia, dan terus menawarkan dukungan mereka kepada organisasi yang mereka wakili, terlepas dari peran resminya,” bunyi pernyataan itu.

Ratu Elizabeth II resmi menjatuhkan status rakyat biasa kepada Pangeran Harry dan Meghan Markle. Dan pasangan ini resmi keluar sepenuhnya dari segala urusan Kerajaan Inggris setelah keluar surat keputusan yang diumumkan Ratu Elizabeht II pada Jumat 19 Februari 2021.

"Duke dan Duchess of Sussex telah mengonfirmasi kepada Yang Mulia Ratu kalau mereka tidak akan kembali bertugas sebagai anggota keluarga kerajaan," begitu bunyi statement yang dirilis oleh Buckingham Palace.

"Setelah berbincang dengan Duke, Ratu menuliskan keputusan mundur dari anggota keluarga kerajaan memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan tanggung-jawab dan tugas-tugas yang berkaitan dengan pelayanan publik. Karena itu, semua gelar militer dan perlindungan kerajaan yang selama ini dipegang oleh Duke dan Duchess akan dikembalikan pada Yang Mulia, sebelum disebarkan pada anggota keluarga kerajaan yang bertugas," kata statement tersebut. 

Dengan pengumuman tersebut, pasangan yang  tengah menantikan kelahitan anak kedua ini juga dibebastugaskan dari semua tugas dan peran kerajaan. Bahkan, mereka tak lagi bertanggung-jawab menghadiri acara yang berkaitan dengan layanan publik mewakili kerajaan.
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA