Ahad 21 Feb 2021 09:35 WIB

Bio Farma Gandeng Telkom Wujudkan Ekosistem Berbasis Digital

Ekosistem kesehatan ini menyatukan Bio Farma, Mandiri Inhealth, Telkom dan IHC

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat. PT Bio Farma (Persero) bersama PT Telkom Indonesia, PT Pertamina Bina Medika IHC (PBM), dan PT Asuransi Jiwa Health Indonesia (Mandiri InHealth), menyepakati rencana kerja sama dalam Nota Kesepahaman (MoU) untuk mensinergikan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan.
Foto:

Inti dari healthcare, kata dia, adalah menyediakan produk dan memberikan layanan kesehatan kepada pasien secara lengkap serta terintegrasi dengan teknologi, sesuai dengan ekspektasi mereka. Memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia dengan jumlah penduduk yang relatif besar, diperlukan suatu penerapan teknologi digital dimulai dari rumah sakit, apotek, distribusi, finance, Insurance dan perusahaan farmasi terintegrasi dengan teknologi digital. 

"Dengan demikian, tahap awal Holding BUMN Farmasi akan membuat layanan - layanan dasar healthcare berbasis teknologi," kata Soleh Ayubi.

Dalam penandatanganan MoU antar perusahaan memiliki peran-peran penting, yaitu Bio Farma Holding BUMN Farmasi sebagai prinsipal, pemilik sistem, dan penyedia jejaring retail. Sementara Mandiri Inhealth sebagai penyedia asuransi kesehatan, Telkom sebagai penyedia teknologi dan platform dan IHC sebagai penyedia jejaring rumah sakit. Bentuk kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk pendekatan untuk membuat healthcare ecosystem di Indonesia secara end- to-end

 

 “Kolaborasi inilah yang harus dilakukan secara bersama - sama untuk membentuk suatu ekosistem yang solid demi membentuk healthcare di Indonesia agar cita - cita dalam membentuk masyarakat Indonesia menjadi sehat secara paripurna dapat terwujud until Everyone is Well”, papar Soleh Ayubi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement