Ahad 21 Feb 2021 09:19 WIB

Intip Cara Cuci Jas Hujan yang Benar

Hujan terus mengguyur, bagaimana merawat jas hujan?

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diprakirakan akan terjadi di wilayah Bandung Raya, Minggu (21/2/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan akan mengguyur mulai siang hingga malam hari.

Pada pagi hari, cuaca Bandung akan mendung. Suhu Bandung hari ini berkisar di angka 22 derajat Celcius pada malam hari dan 30 derajat Celcius pada siang hari.

Cara cuci jas hujan yang benar

Selain sedia payung sebelum hujan, salah satu perlengkapan yang tak kalah penting dibawa ketika musim hujan adalah jas hujan. Agar awet, Anda perlu tahu cara mencuci jas hujan yang benar.

Jas hujan adalah perlengkapan penting terutama bagi para pengendara motor. Dengan jas hujan, memungkinkan Anda untuk tetap beraktivitas meski diterpa hujan deras. Sehingga aktivitas Anda tak tetanggu.

Meski demikian, masih sedikit orang yang mengerti dan peduli cara merawat jas hujan agar awet dan tetap bersih. Kebanyakan orang setelah memakai jas hujan, langsung dijemur lalu disimpan. Padahal cara ini membuat jas hujan cepat rusak dan tidak tahan air.

  • Nah, berikut ini cara mencuci jas hujan, seperti dilansir dari Suara.com.
  • Rendam jas hujan ke dalam air yang sudah dicampur dengan detergen cair.
  • Jangan dikucek, namun diusap perlahan sampai pada bagian luar dan bagian dalam jas hujan hingga bersih.
  • Bisa juga gosok jas hujan dengan sikat gigi atau sikat yang lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel pada jas hujan.
  • Anda juga bisa memakai mesin cuci ketika ingin mencuci jas hujan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu. Namun, perlu diingat bahwa ketika mencuci jas hujan, jangan dicampur dengan pakaian lainnya maupun jas hujan lainnya karena gesekan dengan pakaian lain akan membuat jas hujan cepat rusak.
  • Setelah dicuci bersih, jemur dan keringkan jas hujan di bawah sinar matahari. Namun, jangan di tempat yang terlalu terik ya. Selain itu, ngan mengeringkan jas hujan di dalam mesin cuci.
  • Jangan cuci jas hujan terlalu sering karena dapat merusak bahan pada jas tersebut.
  • Sebelum disimpan, pastikan jas hujan benar-benar dalam keadaan kering agar tidak berjamur maupun bau.
Ilustrasi jas hujan. (dok. Ayobandung.com)

Itulah cara mencuci jas hujan yang baik dan benar agar jas hujan tetap awet dan terjaga dengan baik. Selain mempersiapkan jas hujan, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin agar kondisi tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit selama musim penghujan. Selamat mencoba!

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement