Ahad 21 Feb 2021 11:00 WIB

Menikmati Wisata Air Panas di Bandung Utara

Curug Cipanas menjadi objek wisata air panas.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM -- Selalu saja ada hal yang menarik ketika berwista ke Bandung Barat. Mulai dari menikmati pemandangan alam, kuliner, dan juga menikmati nikmatnya berendam di air panas alam yang memiliki banyak khasiat.

Salah satunya adalah di Curug Cipanas. Lokasinya berada di perbatasan antara Kampung Nagrak, Kecamatan Lembang dengan Kampung Kancah, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Bukan hanya sekedar curug atau air terjun, objek wisata tersebut menawarkan sensasi lebih dengan air panasnya. Sehingga sangat cocok untuk jadi tempat mandi air panas untuk keluarga.

Ada lebih dari satu kolam pemandian air panas yang bisa dinikmati untuk menyegarkan badan anda. Lokasinya yang berada di alam terbuka semakin menambah keindahan Curug Cipanas.

Deni salah seorang pengelola objek wisata Curug Cipanas menuturkan, sebetulnya aliran air panas sudah ada sejak dulu. Atas inisiatifnya bersama warga lainnya, akhirnya tempat itu dibuka untuk dijadikan tempat wisata.

"Mulai dibukanya itu pas lebaran 2017. Dulunya aliran air biasa tapi memang sudah panas," ujar Deni kepada Suara.com, baru-baru ini.

Sebelum dijadikan objek wisata, dulunya kawasan tersebut merupakan perkebunan biasa namun memang sudah dialiri air panas, yang mengalir ke Curug Cipanas sendiri berasal dari Gunung Tangkuban Parahu.

Hal itu dapat dibuktikan dari penelitian yang dilakukan berbagai perguruan tinggi, seperti ITB dan Unpad.

"Yang paling menarik, airnya panas, curugnya sama belerang," ucapnya.

Selama pandemi Covid-19, Deni tak menampung sangat berdampak terhadap jumlah kunjungan. Meski begitu, pihaknya tetap bersyukur masih ada yang berkunjung ke objek wisata Curug Cipanas.

Jika sedang ramai, pengunjung diperkirakan bisa mencapai 500 orang saat libur akhir akhir pekan. Pengunjung bukan hanya berasal dari wilayah Bandung Raya, melainkan luar daerah seperti Jakarta, Sukabumi, Garut dan sebagainya.

"Tapi kalau hari biasa paling 50 orang. Mudah-mudahan libur panjang besok ramai," ujarnya.

Rute menuju objek wisata Curug Cipanas Nagrak dari Kota Bandung bisa melewati Jalan Setia Budi. Kemudian sebrang Terminal Ledeng belok ke arah kiri menuju jalan Sersan Bajuri–Cihideung–kawasan perumahan Graha Puspa atau sapu lidi.

Kemudian tak jauh dari lokasi terdapat vihara Vipassana Graha ambil ke arah kiri sejauh 2 kilometer menuju ke arah jalan Nagrak Barat.

Objek wisata tersebut juga bisa dilalui dari Kota Cimahi dengan melewati Jalan Kolonel Masturi. Begitupun dari arah Lembang

Sementara tiket masuk ke objek wisatanya cukup murah dan terjangkau. Untuk kategori dewasa hanya cukup membayar Rp20.000 per orang. Untuk anak Rp15.000

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement