Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Live; Chelsea Gagal Petik Poin Penuh di Kandang Soton

Sabtu 20 Feb 2021 21:42 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Pemain Chelsea Mason Mount mencetak gol lewat tendangan penalti selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Chelsea dan Southampton di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Sabtu, 20 Februari 2021.

Pemain Chelsea Mason Mount mencetak gol lewat tendangan penalti selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Chelsea dan Southampton di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Sabtu, 20 Februari 2021.

Foto: Neil Hall / Pool via AP
Berada di peringkat keempat, Chelsea hanya unggul satu poin dari The Hammers.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Chelsea harus puas pulang dari lawatan ke markas Southampton, Stadion Saint Mary, dengan torehan satu poin. The Blues ditahan imbang tuan rumah, 1-1, dalam laga pada pekan ke-25 Liga Primer Inggris, Sabtu (20/2) dini hari WIB. Sempet tertinggal lebih dulu lewat gol Takumi Minamino pada babak pertama, The Blues bisa membalas via sepakan penalti Mason Mount.

Hasil ini mengakhiri rentetan kemenangan The Blues di lima laga terakhir di semua ajang. Tidak hanya itu, ini menjadi juga menjadi hasil imbang kedua yang ditorehkan The Blues sejak resmi ditangani Thomas Tuchel. Kegagalan memetik poin penuh di laga ini juga membuat The Blues gagal menjauh dari kejaran West Ham United di papan klasemen sementara.

Berada di peringkat keempat, Chelsea hanya unggul satu poin dari The Hammers, yang berada di peringkat kelima klasemen sementara dengan raihan 42 poin dari 24 laga. Apabila The Hammers bisa memetik poin penuh kala menghadapi Tottenham Hotspur pada pekan ke-25, Ahad (21/20 malam WIB, maka The Blues mesti puas menyerahkan peringkat keempat klasemen sementara.

Baca Juga

 

Jalannya Laga

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, melakukan penyegaran di starting line-up The Blues di laga ini. Setidaknya empat pergantian pemain dilakukan pelatih asal Jerman itu di starting line-up The Blues dibanding saat membungkam Newcastle United, 0-2, akhir pekan lalu.

Edouard Mendy kembali tampil di bawah mistar gawang. Sedangkan N'Golo Kante tampil sebagai starter di lini tengah, berdampingan dengan Matteo Kovacic. Sementara di lini belakang, Kurt Zouma kembali tampil sejak menit pertama. Namun, di lini depan, tidak ada perubahan. Tammy Abraham, yang sempat mengalami cedera di laga kontra The Magpies, masih dipercaya tampil sebagai starter.

Di sisi lain, pelatih Southampton, Ralph Hassenhuttl, memilih menurunkan Mohammed Salisu dan Moussa Djenepo guna menggantikan Kyle Walker-Peters dan Stuart Armstrong. Di laga ini, The Saints bisa berharap kembali ke jalur kemenangan setelah dibekap Wolverhampton Wanderers, 1-2, akhir pekan lalu.

Kendati begitu, justru tim tamu yang mampu mengendalikan permainan pada babak pertama. Tidak tanggung-tanggung, hingga pertengahan babak pertama, Chelsea mampu mengendalikan permainan dengan catatan penguasaan bola hingga mencapai 80 persen. Memegang kendali permainan, The Blues berupaya membongkar pertahanan The Saints.

Namun, ritme dan intensitas permainan yang ditampilkan The Blues begitu lambat. Pun minimnya kreativitas dalam melancarkan variasi serangan. Terlalu asyik mengendalikan laga, The Blues justru kecolongan lebih dulu lewat gol Takumi Minamino pada menit ke-33. Pemain pinjaman dari Liverpool itu berhasil menemukan celah di lini belakang Chelsea.

Nathan Redmond pun dengan cerdik melihat pergerakan Minamino yang berlari di antara Zouma dan Antonio Rudiger. Setelah menerima umpan terobsan dari Redmond, Minamino langsung merangsek ke kotak penalti Chelsea. Upaya Mendy dan Cesar Azpilicueta untuk menghalangi sepakan Minamino berujung sia-sia. Minamino dengan dingin mengelabui keduanya dan mengarahkan bola ke gawang sisi gawang yang sudah tidak terkawal.

Lewat serangan pertama, sepakan pertama, dan tendangan terarah pertama di laga ini, Southampton sudah bisa unggul satu gol atas tamunya. Gol gelandang serang asal Jepang ini langsung memicu para penggawa The Blues untuk meningkatkan ritme dan tempo permainan.

Pada menit ke-39, Rudiger berhasil menanduk bola hasil eksekusi tendangan bebas Marcos Alonso. Namun, peluang dari Rudiger itu gagal berbuah gol lantaran masih bisa dimentahkan oleh kiper Southampton, Alex McCarthy. Akhirnya, hingga tiga menit masa injury time, Chelsea gagal mencetak gol dan tertinggal dari Southampton, 0-1.

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, merespon kondisi yang dialami timnya pada babak pertama dengan melakukan pergantian pemain pada jeda pergantian babak. Tammy Abraham, yang tampil mengecewakan pada sepanjang babak pertama, ditarik keluar dan digantikan oleh Callum Hudson-Odoi. Dengan masuknya Hudson-Odoi, posisi bermain Timo Werner dinilai bergeser menjadi penyerang tengah, menggantikan Abraham.

Tuchel akhirnya bisa sedikit bernafas lega. Kendati tidak terkait langsung dengan pergantian pemain yang dilakukan Tuchel, tim besutannya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-54. Pelanggaran keras Danny Ings kepada Mason Mount berbuah tendangan penalti buat tim tamu. Mount, yang dipercaya mengeksekusi tendangan tersebut, berhasil mengecoh McCarthy dengan menempatkan bola di pojok kiri gawang The Saints.

Gol penyeimbang kedudukan membuat laga berjalan sedikit terbuka. Tim tuan rumah sesekali membangun serangan, alih-alih tampil bertahan dan memanfaatkan serangan balik cepat. Pun dengan tekanan yang dilakukan terhadap para penggawa The Blues saat kehilangan kendali bola. The Saints akhirnya bisa benar-benar mengancam gawang Chelsea, tepatnya pada menit ke-71. Bek tengah Jannik Vestergaard sempat menanduk bola hasil umpan lambung.

Aksi Vestergaard ini tidak diduga oleh Mendy. Kiper timnas Senegal itu pun tidak bergerak untuk mengantisipasi bola tersebut. Sayangnya, bola hasil tandukan Vestergaard masih membentur mistar gawang. Peluang The Saints ini langsung dibalas oleh Chelsea, tepatnya pada menit ke-75. Sayangnya, sepakan Werner dari dalam kotak penalti masih belum menemui sasaran.

The Blues mendapatkan peluang emas pada menit ke-85. Reece James, yang sudah tidak terkawal di dalam kotak penalti Southampton, siap menyambut umpan lambung Mount dari sisi kiri kotak penalti tim tuan rumah. Namun, sepakan first time James malah melambung di atas mistar gawang The Saints. Itu menjadi upaya terakhir The Blues untuk bisa membawa pulang tiga poin dari markas The Saints. Skor imbang, 1-1, akhirnya tetap bertahan hingga laga usai.

 

Susunan Pemain:

Southampton (4-4-2)

Pelatih: Ralph Hassenhutl

Kiper: McCarthy

Belakang: Salisu, Bednarek, Vestergaard, Djenepo,

Tengah: Bertrand, Ward-Prowse, Romeu, Minamino,

Depan: Ings, Redmond.

 

Chelsea (3-4-2-1)

Pelatih: Thomas Tuchel

Kiper: Mendy

Belakang: Azpilicueta, Zouma, Rudiger,

Tengah: Alonso, Kante, Kovacic, James; Mount, Werner

Depan: Abraham

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA