Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Live; Babak Pertama, Chelsea Tertinggal Satu Gol dari Soton

Sabtu 20 Feb 2021 20:29 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pemain Southampton Takumi Minamino mencetak gol pembuka selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Chelsea dan Southampton di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Sabtu, 20 Februari 2021.

Pemain Southampton Takumi Minamino mencetak gol pembuka selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Chelsea dan Southampton di Stadion St. Mary di Southampton, Inggris, Sabtu, 20 Februari 2021.

Foto: Michael Steele / Pool via AP
Takumi Minamino mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Meski tampil dominan di sepanjang babak pertama, Chelsea malah tertinggal satu gol dalam lawatan ke markas Southampton, Stadion Saint Mary, di laga pada pekan ke-25 Liga Primer Inggris, Sabtu (20/2) malam WIB. Chelsea dikejutkan lewat gol dari Takumi Minamino pada menit ke-38.

Chelsea datang ke Stadion Saint Mary dengan target torehan poin penuh demi mempertahankan posisi di peringkat keempat klasemen sementara. Pelatih Thomas Tuchel pun memberikan kesegaran di starting line-up The Blues. Setidaknya empat pergantian pemain dilakukan pelatih asal Jerman itu di starting line-up The Blues dibanding saat membungkam Newcastle United, 0-2, akhir pekan lalu.

Edouard Mendy kembali tampil di bawah mistar gawang. Sedangkan N'Golo Kante tampil sebagai starter di lini tengah, berdampingan dengan Matteo Kovacic. Sementara di lini belakang, Kurt Zouma kembali tampil sejak menit pertama. Namun, di lini depan, tidak ada perubahan. Tammy Abraham, yang sempat mengalami cedera di laga kontra The Magpies, masih dipercaya tampil sebagai starter.

Di sisi lain, pelatih Southapmton, Ralph Hassenhuttl, memilih menurunkan Mohammed Salisu dan Moussa Djenepo guna menggantikan Kyle Walker-Peters dan Stuart Armstrong. Di laga ini, The Saints bisa berharap kembali ke jalur kemenangan setelah dibekap Wolverhampton Wanderers, 1-2, akhir pekan lalu.

Kendati begitu, justru tim tamu yang mampu mengendalikan permainan pada babak pertama. Tidak tanggung-tanggung, hingga pertengahan babak pertama, Chelsea mampu mengendalikan permainan dengan catatan penguasaan bola hingga mencapai 80 persen. Memegang kendali permainan, The Blues berupaya membongkar pertahanan The Saints.

Namun, ritme dan intensitas permainan yang ditampilkan The Blues begitu lambat. Pun minimnya kreativitas dalam melancarkan variasi serangan. Terlalu asyik mengendalikan laga, The Blues justru kecolongan lebih dulu lewat gol Takumi Minamino pada menit ke-33. Pemain pinjaman dari Liverpool itu berhasil menemukan celah di lini belakang Chelsea.

Nathan Redmond pun dengan cerdik melihat pergerakan Minamino yang berlari di antara Zouma dan Antonio Rudiger. Setelah menerima umpan terobsan dari Redmond, Minamino langsung merangsek ke kotak penalti Chelsea. Upaya Mendy dan Cesar Azpilicueta untuk menghalangi sepakan Minamino berujung sia-sia. Minamino dengan dingin mengelabui keduanya dan mengarahkan bola ke gawang sisi gawang yang sudah tidak terkawal.

Lewat serangan pertama, sepakan pertama, dan tendangan terarah pertama di laga ini, Southampton sudah bisa unggul satu gol atas tamunya. Gol gelandang serang asal Jepang ini langsung memicu para penggawa The Blues untuk meningkatkan ritme dan tempo permainan. 

Pada menit ke-39, Rudiger berhasil menanduk bola hasil eksekusi tendangan bebas Marcos Alonso. Namun, peluang dari Rudiger itu gagal berbuah gol lantaran masih bisa dimentahkan oleh kiper Southampton, Alex McCarthy. Akhirnya, hingga tiga menit masa injury time, Chelsea gagal mencetak gol dan tertinggal dari Southampton, 0-1.

 

Susunan Pemain:

 

Southampton (4-4-2)

Pelatih: Ralph Hassenhutl

Kiper: McCarthy

Belakang: Salisu, Bednarek, Vestergaard, Djenepo, 

Tengah: Bertrand, Ward-Prowse, Romeu, Minamino, 

Depan: Ings, Redmond.

 

Chelsea (3-4-2-1)

Pelatih: Thomas Tuchel

Kiper: Mendy

Belakang: Azpilicueta, Zouma, Rudiger,

Tengah: Alonso, Kante, Kovacic, James; Mount, Werner

Depan: Abraham

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA