Ahad 21 Feb 2021 01:35 WIB

Ular-Ular yang Muncul Terbawa Banjir

Ada beberapa spesies ular yang kerap muncul saat banjir dan perlu diketahui warga

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Suasana Jalan Warung Buncit Raya yang terendam banjir di Jakarta, Sabtu (20/2). Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan banjir di sejumlah wilayah Jakarta serta menyebabkan sebagian ruas jalan tidak dapat dilewati kendaraan. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana Jalan Warung Buncit Raya yang terendam banjir di Jakarta, Sabtu (20/2). Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan banjir di sejumlah wilayah Jakarta serta menyebabkan sebagian ruas jalan tidak dapat dilewati kendaraan. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat Purwanto mengatakan, banyak warga yang melaporkan munculnya ular di dalam rumah mereka akibat terbawa banjir. Menurutnya, ada beberapa spesies ular yang kerap muncul saat banjir dan perlu diketahui masyarakat.

 

1. Ular pipa atau Pipe Snake atau Cylindrophis rufus.

Ular ini tidak berbisa, tidak berbahaya dan jarang menggigit. Cirinya, ular ini memiliki warna hitam belang dengan kepala dan ekor warna merah. Bagian bawah tubuhnya hitam putih. Ukuran maksimal 50-60 cm.

"Ular ini suka masuk kelumpur mencari cacing dan berendam di air makan ikan. Saat banjir kebawa arus masuk ke rumah," kata Aji dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/2).

2. Ular Kadut atau ular Homalopsis buccata.

Ular ini tidak berbisa, namun memiliki ukuran yang besar sebesar lengan anak-anak. Memiliki gigi yang banyak dan suka menggigit meskipun tidak berbahaya.

"Ular ini suka makan ikan jadi saat banjir terbawa naik dari sungai ke rumah penduduk," terang Aji.

3. Ular Sanca Batik atau Phyton reticulatus

Ular Sanca Batik anak-anak maupun dewasa sering tertangkap warga karena masuk ke rumah-rumah. Ular ini kata Aji, semi aboreal sehingga suka nangkring di atas pohon maupun di atap bangunan. "Tikus burung unggas menjadi menu utamanya, semakin besar ukuran butuh makan hewan yang makin besar juga," jelasnya.

4. Ular Kobra atau Naja sputatrix (Jawa)

Ular ini berbisa tinggi, banyak ditemukan berkeliaran di garasi rumah, pekarangan bahkan masuk ke dalam dapur. Bukan hanya memiliki bisa tinggi tapi ular ini juga mampu menyemburkan bisa.

5. Ular kopi atau Elaphe flavonieata

Saat masih kecil, ular ini memiliki warna kuning menyala di punggungnya. Saat dewasa, warna kuning menghilang. Ular kopi tidak berbisa, ia berburu tikus dan suka masuk rumah karena mencari mangsa. Ular ini juga dapat terbawa air saat banjir melanda lubang-lubang di pekarangan.

6. Ular Triangle Keelback atau Ular Bolodewo langu, atau X. Trianguligerus

Ular segitiga-merah ini ular air dengan ciri memiliki motif berbentuk segitiga di sisik sampingnya. Ular ini memiliki panjang maksimal 50-60 cm, tidak berbisa dan suka makan ikan. Jika tertangkap, ular ini kerap mengeluarkan kentut berbau langu dan banyak terbawa banjir hingga masuk rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement