Sabtu 20 Feb 2021 15:22 WIB

Kontra Southampton, Tuchel Buka Peluang Turunkan Havertz

Havertz sempat menepi pada empat laga terakhir Chelsea karena cedera.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita
Kai Havertz
Foto: EPA-EFE/Mike Hewitt
Kai Havertz

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, mengungkapkan, Kai Havertz bakal disertakan dalam skuat The Blues kala melawat ke markas Southampton pada pekan ke-25 Liga Primer Inggris, Sabtu (20/2) malam WIB. Sebelumnya, gelandang serang asal Jerman itu harus menepi pada empat laga terakhir The Blues lantaran mengalami cedera.

Gelandang serang berusia 21 tahun itu absen sejak awal bulan ini, tepatnya kala Chelsea membungkam Tottenham Hotspur, 1-0. Havertz diketahui mengalami cedera. Kini, setelah absen di empat laga, Haverzt sudah kembali ke tim utama The Blues.

Baca Juga

Pemain yang direkrut Chelsea pada awal musim ini dengan banderol transfer 71 juta poundsterling itu sudah terlihat berlatih bersama rekan-rekan setimnya di sesi latihan The Blues pada Jumat (18/2) waktu setempat. Tuchel mengungkapkan, Havertz sudah pulih dari cedera dan sudah siap diturunkan di laga kontra Southampton.

Kendati demikian, pelatih asal Jerman itu belum bisa memastikan apakah bakal menurunkan Havertz sebagai starter di laga tersebut. "Dia sudah kembali berlatih dan akan bergabung bersama tim ini di laga menghadapi Southampton," kata Tuchel di laman resmi klub, Sabtu (20/2).

Sejak resmi mengenakan seragam The Blues pada awal musim ini, Havertz memang dinilai belum bisa membuktikan kemampuannya. Dari 18 kali tampil di pentas Liga Primer Inggris musim ini, Havertz baru mencetak satu gol dan tiga assist.

Dari 18 penampilan tersebut, Havertz hanya 12 kali menjadi starter dan hanya empat kali tampil penuh selama 90 menit. Kendati demikian, Tuchel mengaku tidak pernah kehilangan kepercayaan pada Havertz.

photo
Manajer Chelsea Thomas Tuchel. - (AP/Lee Smith/Pool Reuters)

Menurutnya, mantan bek Bayer Leverkusen itu hanya membutuhkan waktu lebih banyak untuk beradaptasi dan menemukan performa terbaiknya bersama The Blues. "Saya yakin, dia bisa menemukan permainan terbaiknya sesegera mungkin. Terkadang, pemain-pemain tertentu membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi. Satu-satunya hal yang bisa kami lakukan adalah terus memberikan dukungan kepada dirinya," kata eks pelatih PSG tersebut.

Sebenarnya, bukan hanya Havertz yang telah kembali skuat The Blues usai mengalami cedera. Bek tengah asal Brasil, Thiago Silva, juga sudah kembali berlatih bersama rekan-rekan setimnya setelah absen di dua laga terakhir Liga Primer Inggris akibat cedera paha.

Namun, Tuchel mengungkapkan, mantan bek tengah PSG dan AC Milan itu belum bisa diturunkan di laga kontra The Saints. "Thiago tidak akan ambil bagian dalam laga ini. Meski telah pulih dari cedera, dia masih belum siap sepenuhnya untuk bisa tampil," kata Tuchel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement