Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

5 Hikmah di Balik Kisah Antara Nabi Sulaiman dan Balqis

Sabtu 20 Feb 2021 14:15 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat hikmah di balik kisah agung Nabi Sulaiman dan Balqis. Artefak Kerajaan Saba

Terdapat hikmah di balik kisah agung Nabi Sulaiman dan Balqis. Artefak Kerajaan Saba

Foto: holidaycheck
Terdapat hikmah di balik kisah agung Nabi Sulaiman dan Balqis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Berbagai kisah di masa lalu dapat menjadi hikmah di masa sekarang. Misalnya pada kisah Ratu Balqis dan Nabi Sulaiman, ‘alaihissalam. Setidaknya ada lima hikmah yang bisa kita petik dari kisah-kisah itu. 

Pertama, hikmah tentang rasa hormat-menghormati dan menjauhi sikap sombong. Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

قَالَتْ يَا أَيُّهَا الْمَلَأُ إِنِّي أُلْقِيَ إِلَيَّ كِتَابٌ كَرِيمٌ إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ أَلَّا تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِينَ

"Dia (Balqis) berkata, "Wahai para pembesar! Sesungguhnya telah disampaikan kepadaku sebuah surat yang mulia."

Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, janganlah engkau berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri." (QS An-Naml: 29-31)

Kedua, adalah hikmah bermusyawarah bagi orang-orang yang memiliki jabatan sebagai pimpinan. Hal ini sekaligus sebagai bentuk penolakan terhadap prinsip kediktatoran dalam pemerintahan. 

Nabi Sulaiman pun selama memimpin kerajaan telah menghasilkan perubahan di berbagai hal salah satunya menjadikan kerajaannya berdaulat. Allah SWT berfirman: 

قَالُوا نَحْنُ أُولُو قُوَّةٍ وَأُولُو بَأْسٍ شَدِيدٍ وَالْأَمْرُ إِلَيْكِ فَانْظُرِي مَاذَا تَأْمُرِينَ "Mereka menjawab, 'Kita memiliki kekuatan dan keberanian yang luar biasa (untuk berperang), tetapi keputusan berada di tanganmu; maka pertimbangkanlah apa yang akan engkau perintahkan.'" (QS An-Naml: 33)

Ketiga, hikmahnya adalah kita menjadi tahu soal pengetahuan tentang sejarah bangsa-bangsa terdahulu, raja, dan para penakluk. Allah SWT berfirman: 

قَالَتْ إِنَّ الْمُلُوكَ إِذَا دَخَلُوا قَرْيَةً أَفْسَدُوهَا وَجَعَلُوا أَعِزَّةَ أَهْلِهَا أَذِلَّةً ۖ وَكَذَٰلِكَ يَفْعَلُونَ "Dia (Balqis) berkata, 'Sesungguhnya raja-raja apabila menaklukkan suatu negeri, mereka tentu membinasakannya, dan menjadikan penduduknya yang mulia jadi hina; dan demikian yang akan mereka perbuat.'" (QS An-Naml: 34).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA