Sabtu 20 Feb 2021 10:00 WIB

Setahun Arteta di Arsenal, Guardiola: Masih Butuh Adaptasi

Arsenal tertinggal 22 poin di belakang pemimpin liga.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pep Guardiola (kiri) akan beradu taktik dengan mantan asistennya Mikel Arteta dalam laga Arsenal vs Manchester City.
Foto: DOK REPUBLIKA
Pep Guardiola (kiri) akan beradu taktik dengan mantan asistennya Mikel Arteta dalam laga Arsenal vs Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bos Manchester City Pep Guardiola telah mendukung Arsenal untuk bersaing memperebutkan gelar Liga Primer Inggris dalam waktu dekat di bawah bimbingan mantan asistennya, Mikel Arteta. 

"Saya tidak menginspirasi dia. Apa yang dia tahu dia ketahui untuk dirinya sendiri. Saya tidak berpengaruh. Apa yang dia lakukan, semua penghargaan untuk dia dan staf ruang belakangnya," kata Guardiola dikutip dari Football London, Sabtu (20/2). 

The Gunners baru saja melewati batas satu tahun dengan mantan gelandang mereka, dengan bagian pertama dari masa pemerintahan Arteta di klub seperti perjalanan rollercoaster, dengan pencapaian tertinggi termasuk kejayaan Piala FA dan posisi terendah dalam pertarungan degradasi yang nyata awal musim ini. 

"Yang bisa saya katakan adalah bulan-bulan terakhir menunjukkan kepada saya bahwa semua manajer membutuhkan waktu dan dia tidak terkecuali. Apa yang saya lihat dalam dua bulan terakhir setiap pertandingan yang dimainkan Arsenal lebih baik dari lawan," katanya. 

Tidak ada keraguan bahwa Arteta memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan di Stadion Emirates, setelah mewarisi skuad Arsenal yang terputus-putus, berkinerja tinggi dan berpenghasilan tinggi, tetapi kemajuan signifikan telah dibuat di dalam dan di luar lapangan. 

"Besok kami akan memiliki penampilan yang luar biasa. Mereka memiliki penampilan yang luar biasa, mereka memiliki kualitas dan mereka memiliki energi. Mereka memiliki (Bukayo) Saka, (Pierre-Emerick) Aubameyang dan semua pemain dengan kualitas di lini tengah," ujarnya. 

Namun, meski positif, Arsenal tertinggal 22 poin di belakang pemimpin liga, City, dan delapan poin dari empat besar, menunjukkan jurang pemisah yang perlu dikurangi. Kendati demikian, Guardiola memuji The Gunners dan memprediksi mereka akan menjadi pesaing gelar liga dalam waktu dekat. 

"Di masa depan, mereka akan menjadi pesaing nyata untuk memperebutkan gelar. Sebagian besar waktu (ketika Arteta dan saya bekerja bersama) kami mengambil keputusan bersama dan saya mengambil keputusan dengan pengaruh Mikel. Saya tidak tahu apakah saya demikian mempengaruhinya - dia harus menjawab ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement