Sabtu 20 Feb 2021 01:41 WIB

Kenangan Indah Vicente del Bosque dengan Ronaldo De Lima

Ronaldo sangat disukai oleh semua orang di klub maupun di luar klub.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Ronaldo Luis Nazario de Lima (kanan) saat bersama mantan rekannya di Real Madrid, Zinedine Zidane.
Foto: EPA/NECO VARELLA
Ronaldo Luis Nazario de Lima (kanan) saat bersama mantan rekannya di Real Madrid, Zinedine Zidane.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Vicente del Bosque adalah orang yang menyambut kedatangan Ronaldo Luiz Nazario de Lima ke Real Madrid dari Inter Milan pada musim panas 2002. De Bosque yang saat itu menjadi pelatih Los Blancos menilai Ronaldo pemain periang dan cepat beradaptasi di Santiago Bernabeu bersama bintang lain, seperti Raul Gonzalez, Fernando Hiero, Zinedine Zidane, dan Luis Figo.

Mantan pelatih timnas Spanyol tersebut memiliki kenangan indah dengan Ronaldo, baik di dalam maupun di luar lapangan. Menurutnya, pemain asal Brasil tersebut sangat disukai oleh semua orang di klub maupun di luar.

Del Bosque menambahkan, Ronaldo sosok yang sangat baik dan tak suka melihat orang sedih. Bersama Madrid ia salah satu pemain hebat sehingga membuat Madrid tampil lebih baik waktu itu.

“Dia adalah pemimpin yang hebat, karena bakatnya dan juga karena dia orang yang baik,” ujar Del Bosque dilansir dari Marca, Jumat (19/2).

Del Bosque juga membantu Madrid memenangkan gelar La Liga Spanyol musim itu berkat penampilan spektakuler Ronaldo melawan Atletico Madrid di pertandingan kedua dari terakhir. Ronaldo tiba di Madrid saat performanya sedang ada di puncak. Ia tiba di Madrid setelah mengantarkan Brasil memenangkan Piala Dunia 2002 di Jepang dengan mengalahkan Jerman di partai final.

Ronaldo mencetak dua gol dalam laga tersebut. Hebatnya, dia tampil apik meski baru pulih dari dua cedera lutut serius di Inter. Dia bahkan absen selama hampir dua tahun, namun penampilan bagusnya di Jepang membuat banyak orang terheran-heran.

Del Bosque yakin seandainya Ronaldo tak cedera dia akan tampil lebih baik. Pasalnya, Ronaldo tetap buas meski sempat mengalami cedera.

Sekarang Ronaldo menjabat sebagai presiden Real Valladolid, sesuatu yang tak diharapkan Del Bosque. Ia tak melihat Ronaldo bekerja di luar perannya sebagai pemain. Kendati demikian, Del Bosque yakin sang fenomenal mampu menjalankan pekerjannya sebagai presiden di Real Valladolid.

"Jadi, saya tidak terkejut bahwa dia mengambil peran yang rumit seperti menjalankan klub sepak bola. Dia akan melakukannya dengan baik, saya yakin,” jelas Des Bosque.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement