Jumat 19 Feb 2021 19:25 WIB

Mungkinkah Covid-19 Menular Lewat Makanan dan Pembungkusnya?

Konsumen tidak perlu khawatir mengenai makanan dan kemasannya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Mungkinkah Covid-19 Menular Lewat Makanan dan Pembungkusnya?
Foto: Flickr
Mungkinkah Covid-19 Menular Lewat Makanan dan Pembungkusnya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengingat Covid-19 merupakan penyakit yang mudah menular, sebagian orang memiliki kekhawatiran makanan dan pembungkus makanan dapat menjadi media penularan. Kekhawatiran ini ternyata tidak terbukti secara ilmiah menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), Food and Drug Administration (FDA), serta Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

"(Ketiga lembaga tersebut) menekankan tidak ada bukti meyakinkan mengenai kaitan antara makanan atau kemasan makanan dengan transmisi virus dari SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19," ujar Plt. Sekretaris USDA Kevin Shea dan Plt. Komisioner FDA Janet Woodcock dalam pernyataan resmi, seperti dilansir US News and World's Report.

Baca Juga

Shea dan Woodcock mengatakan pernyataan tersebut didasarkan pada bukti ilmiah dan konsensus ilmiah internasional. Oleh karena itu, keduanya mengatakan konsumen tidak perlu khawatir mengenai makanan dan kemasannya yang mereka sentuh di masa pandemi ini.

"Makanan yang mereka makanan dan kemasan makanan yang mereka sentuh sangat tidak mungkin menyebarkan SARS-CoV-2," ujar Shea dan Woodcock.

Keduanya menekankan pentingnya pemahaman masyarakat bahwa Covid-19 merupakan penyakit pernapasan yang menular dari manusia ke manusia. Penyakit ini bukanlah penyakit yang ditularkan melalui makanan (foodborne) atau disebabkan oleh virus gastrointestinal seperti norovirus dan hepatitis A yang acap kali menyebabkan penyakit melalui makanan yang terkontaminasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement